Sukses

Manfaat Rumput Vetiver yang Ditanam di Bantaran Kali Lamong Gresik

Liputan6.com, Surabaya - Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Gresik menanaman 25 ribu bibit rumput vetiver yang dilakukan di bantaran Kali Lamong, Gresik, Jawa Timur, tepatnya di desa Morowudi Cerme, Gresik dan Desa Boboh Kecamatan Menganti, Minggu, 23 Februari 2020.

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menyampaikan terima kasih kepada Danrem Bhaskara Jaya dan Dandim Gresik, Jawa Timur. Juga kepada semua pihak yang hadir dan membantu rekan-rekan TNI dalam penanaman ini.

“Sebelum berangkat kesini tadi, saya menyampaikan kepada Kepala Dinas Pertanian untuk meneliti lebih jauh prospek dan manfaat rumput vetiver ini. Semoga rumput vetiver ini bisa tumbuh baik dan bermanfaat untuk masyarakat. Terutama dapat menahan longsor sehingga tidak terjadi sedimentasi,” ujar Bupati.

Di hadapan masyarakat dan undangan yang hadir, Sambari juga menyampaikan program penanganan banjir Kali Lamong yang pada 2020 ini segera dimulai. Menurut dia, pihaknya bisa menganggarkan dana Rp 50 miliar pada 2020.

"Untuk tahun berikutnya yaitu tahun 2021, kami akan anggarkan sesuai kebutuhan. Nantinya akan kita rundingkan dengan berbagai pihak yang berwenang,” kata Sambari.

Pemda Gresik juga terus berupaya untuk berkoordinasi dengan Pemprov Jatim untuk  mensterilkan dan membebaskan lahan bantaran sungai Kali Lamong ini. Lahan-lahan tersebut masih banyak yang dikuasai warga.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meneruskan Agenda Gubernur Jatim

Danrem 084 Bhaskara Jaya Kolonel Infantri, Sudaryanto mengatakan, penanaman rumput vetiver di bantaran Kali Lamong merupakan tindak lanjut kegiatan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Pangdam V/Brawijaya. Serta sebagai tindak lanjut dari Perintah Presiden RI Bapak Joko Widodo beberapa bulan lalu.

Tanaman rumput Vetiver atau Akar Wangi ini, lanjut Sudaryanto, diharapkan mampu mencegah bencana alam seperti tanah longsor, erosi tanah dan banjir terutama di lahan sepanjang bantaran Kali Lamong ini, karena akar rumput ini sangat kuat dan baik.

"Penanaman rumput Vetiver atau Akar Wangi di lahan bantaran untuk menjaga kestabilan serta kontruksi lapisan tanah. Rumput Vetiver memiliki akar yang bisa menembus hingga kedalaman enam meter," tukas Danrem 084 Bhaskara Jaya.

Pemerintah Kabupaten Gresik terus mendukung Program penanaman rumput vetiver ini yang digalakkan oleh Korem 084/Bhaskara Jaya dan Kodim 0817/Gresik yang ditanam di lahan bantaran sungai Kali Lamong.

Kegiatan penanaman rumput akar wangi atau vetiver juga dihadiri Wakapolres Gresik Kompol Dhyno Indra Setyadi, Pasi Stafterrem 084/BJ, jajaran Kepala Dinas Pemkab Gresik, Perwira Staf dan Danramil jajaran Kodim 0817/Gresik.

Jajaran Kapolsek Gresik, Forkompimka Cerme dan Menganti, Kepala Desa Boboh dan Kepala Desa Morowudi berserta perangkat desanya, anggota jajaran Kodim 0817/Gresik, Polres Gresik, Tim Tanggap Darurat dari BPBD Gresik, Satpol PP Gresik, anggota Pramuka serta warga sekitar. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.