VIDEO: Bekas Tambang Kapur Sekapuk di Gresik Disulap Jadi Wisata Alam Setigi

VIDEO: Bekas Tambang Kapur Sekapuk di Gresik Disulap Jadi Wisata Alam Setigi

Sebuah bekas tambang bukit kapur dan tempat pembuangan sampah di Gresik, Jawa Timur berhasil disulap menjadi wahana wisata alam yang eksotis dan mempesona. Uniknya, untuk menuju lokasi, pengunjung bisa naik cikar, kendaraan tradisional yang ditarik dengan dua ekor sapi. Berikut video liputannya pada Fokus, 20 Februari 2020.

Inilah destinasi wisata baru yang dimiliki warga Gresik, Jawa Timur, wisata yang baru dibuka awal Januari ini, diberi nama Wisata Setigi yang berada di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Wisata Setigi sesuai namanya, yaitu penggabungan dari kata selo, yang berarti bebatuan, tirto atau air, dan giri berarti perbukitan.

Dulunya lokasi ini merupakan bekas tambang gunung kapur, tapi setelah tidak difungsikan lagi, tempat ini sempat dijadikan tempat pembuangan sampah.

Oleh pihak desa kini disulap menjadi Wisata Setigi yang eksotik dan memikat pengunjung, di antaranya terdapat pahatan gerbang ghoib, patung semar, jembatan peradaban, candi topeng nusantara, miniatur masjid persia, air terjun, telaga warna, nogo giri pancoran, dan gazebo tradisional tempat berteduh.

Menariknya lagi, pengunjung juga bisa naik cikar, alat transportasi tradisional ditarik dua ekor sapi yang disediakan oleh pihak pengelola. Meski baru dua bulan dibuka, para pengunjung dari berbagai daerah seperti Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Lamongan dan Bojonegoro.

Bahkan, dari data pihak pengelola, pengunjung dari luar negeri, seperti Amerika, Australia, dan Malaysia juga berkunjung menikmati wisata alami Setigi. Para pengunjung kebanyakan mengetahui Wisata Setigi dari media sosial, mereka penasaran setelah membuktikan para pengunjung mengaku puas dan senang.

Selain menikmati berbagai wahana peradaban, pengunjung bisa bergaya dan berswafoto bersama dengan background gunung bekas tambang yang terlihat alami.

Sementara itu, Abdul Halim, pengelola Wisata Setigi, bahwa wisata ini murni dikelola oleh Pemerintah Desa Sekapuk, dibangun dengan dana swadaya masyarakat setempat, sebesar Rp 3,4 miliar, tanpa bantuan Pemerintah Kabupaten Gresik.

Wisata Setigi saat ini memberdayakan 67 pekerja dari warga desa setempat, untuk menikmati berbagai wahana di Wisata Setigi, pengunjung hanya cukup membeli tiket masuk Rp 15.000.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 24 February 2020, 19:30 WIB

Video Terkait

Spotlights