Sukses

Perbaikan Tanggul Jebol di Lumajang, Ini Hasilnya

Tanggul Jebol di Desa Rowokangkung, Lumajang akhirnya diperbaiki.

Liputan6.com, Surabaya Tanggul Jebol di Desa Rowokangkung, Lumajang akhirnya diperbaiki. Tanggul Sungai Genitri jebol karena arus sungai deras. Rusaknya tanggul membuat puluhan rumah di desa itu terendam banjir setinggi 10 sampai 40 sentimeter.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq bersama Komandan Kodim 0821/Lumajang Letkol Inf. Ahmad Fauzi datang ke lokasi banjir bersama beberapa relawan dan masyarakat sekitar melakukan kerja bakti memperbaiki tanggul dengan tumpukan sak berisi tanah.

“Banjir itu disebabkan oleh derasnya arus sungai akibat hujan deras yang terjadi beberapa waktu lalu sehingga mengakibatkan tanggul pembatas Sungai Genitri jebol,” ujar Wawan Hadi Siswoyo, Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, seperti yang dikutip dari Antara, Minggu (23/2/2020).

Ia berkoordinasi dengan pihak yang terkait dengan Sungai Genitri supaya kejadian ini tidak terulang lagi. Pada tahun lalu, pembatas sungai dipasang, akan tetapi belum bisa menahan arus sungai.

Wawan berharap, pembangunan tangkis sungai bisa dilakukan supaya mampu menahan air deras akibat hujan lebat.

Perbaikan tanggul jebol sudah selesai. Pemasangan tanggul baru di Sungai Genitri Lumajang memiliki spesifikasi panjang 15 meter, lebar dua meter, dan tinggi lima meter dan menggunakan sekitar 1.000 sak berisi tanah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.