VIDEO: Tebing 10 Meter Longsor di Lumajang, Warga Bersihkan Pakai Alat Seadanya

VIDEO: Tebing 10 Meter Longsor di Lumajang, Warga Bersihkan Pakai Alat Seadanya

Diguyur hujan lebat seharian, tebing setinggi 10 meter lebih di Lumajang, Jawa Timur longsor ke tengah jalan. Akibatnya, akses jalan penghubung dua desa putus total.

Pembersihan material longsoran sempat mengalami kesulitan karena terkendala alat dan medan yang licin. Berikut video pemberitaannya pada Fokus, 24 Februari 2020.

Beginilah kondisi jalan penghubung antara Desa Penawungan dengan Desa Meninjo, di Kecamatan Ranuyoso, Lumajang, Jawa Timur. Setelah tebing setinggi 10 meter lebih mengalami longsor.

Awalnya, kawasan tersebut diguyur hujan lebat sejak Sabtu siang hingga malam hari. Diduga kondisi tanah yang tidak stabil dan endapan air hujan, membuat tebing akhirnya longsor ke tengah jalan.

Meski tidak ada korban jiwa dan luka, tapi jalan akses utama penghubung antara Desa Penawungan dengan Desa Meninjo, di Kecamatan Ranuyoso, Lumajang lumpuh total.

Puluhan warga bersama relawan BPBD dan TNI kesulitan membersihkan material longsor berupa batu dan kayu. Hal ini karena tidak ada alat berat dan hanya menggunakan alat pertanian biasa, seperti cangkul, sabit dan arco sorong.

Petugas BPBD Lumajang berencana mendatangkan alat berat untuk upaya pembersihan longsor. Petugas juga mengimbau, agar warga maupun pengguna jalan tetap meningkatkan kewaspadaan, karena potensi hujan lebat bisa saja mengakibatkan longsor susulan.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 25 February 2020, 14:30 WIB

Video Terkait

Spotlights