Sukses

VIDEO: Hindari Kendaraan Lain, Minibus Terguling di Jalur Sengkan Mayit Lereng Ijen

Liputan6.com, Jakarta - Diduga karena mengalami rem blong, sebuah minibus berpenumpang 15 mahasiswa asal Pamekasan melaju tak terkendali dan menabrak tebing di jalur tengkorak Sengkan Mayit, Lereng Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu siang.

Akibat kecelakaan ini, satu penumpang tewas di lokasi kejadian. Sementara satu penumpang lainnya terluka parah dan harus menjalani perawatan intensif di RSUD Blambangan. 

Kecelakaan maut kembali terjadi di jalur tengkorak Sengkan Mayit, kawasan Lereng Ijen, Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Banyuwangi, Minggu siang.

Diduga karena mengalami rem blong, sebuah minibus yang mengangkut 15 mahasiswa asal Universitas Islam Madura, Pamekasan tergelincir, dan menabrak sebuah tebing yang ada di turunan curam Lereng Ijen. Akibat kecelakaan maut ini, satu penumpang bernama Kholid Firdausi warga Kecamatan Pademmau, Kabupaten Pamekasan tewas di lokasi kejadian.

Sementara satu lainnya kritis, dan harus menjalani perawatan intensif di RSUD Blambangan karena mengalami patah tulang di bagian leher. Berikut dilansir pada program Fokus, 24 Februari 2020.

Kecelakaan terjadi saat minibus melintas di kawasan jalur ekstrem Sengkan Mayit setelah berlibur di kawasan Gunung Ijen menuju arah Kota Banyuwangi. Kendaraan yang melaju cukup kencang hendak mendahului mobil di depannya. Naas, karena rem tak berfungsi, minibus menabrak mobil pikap dari arah berlawanan.

Meski terjadi benturan, kendaraan tetap tak terkendali dan menabrak tebing jalan. Selain menewaskan satu mahasiswa, sopir pikap bernopol P 8634 VB  juga mengalami patah tulang. Hasil penyelidikan sementara, kecelakaan diduga karena kelalaian sopir minibus yang kurang memperhatikan kondisi rem. saat melintas di jalur penuh tanjakan dan turunan curam di kawasan Lereng Ijen.

"Diduga dari kendaraan Elf ini mengalami rem blong, kemudian menghindar, karena di depan ada kendaraan Hiace, sehingga menghindar ke kanan dan tanpa disadari ada kendaraan pikap dan terjadi tabrakan, sehingga mobil Elf terguling hingga dua kali,” kata Iptu Ardhi Bita Kumala, Kanitlaka Lantas Polresta Banyuwangi.

Korban tewas dan luka langsung dilarikan ke RSUD Blambangan untuk menjalani perawatan intensif. Sementara seluruh korban mobil minibus, dan pikap yang terlibat kecelakaan langsung dievakuasi ke Kantor Unit Laka Lantas Polresta Banyuwangi.