Sukses

Ranu Manduro Mojokerto, Area Bekas Galian Tambang Jadi Sorotan Warganet

Ranu Manduro, Mojokerto, Jawa Timur menjadi viral usai unggahan video di media sosial pada Selasa 25 Februari 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Ranu Manduro, di Mojokerto, Jawa Timur mendadak jadi sorotan warganet baik di twitter dan instagram sejak Selasa, 25 Februari 2020.

Lewat akun instagram @asli_mojokerto yang dilihat Liputan6.com, Rabu (26/2/2020),  ada video yang diunggah mengenai tempat wisata Ranu Manduro di Desa Manduro, Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Ranu Manduro tersebut memiliki daerah pegunungan yang hijau. Di video yang terdapat lembah tersebut tampak bebatuan, lahan rumput yang menghijau, dan terlihat latar belakang pegunungan.

Akun Instagram @asli_mojokerto mengunggah caption kalau Ranu Manduro termasuk salah satu destinasi yang belum banyak diketahui masyarakat umum di Mojokerto. Ranu Manduro disebutkan merupakan area bekas tambang dengan latar belakang pemandangan Gunung Penanggungan.

"Area bekas tambang dengan background view Gunung Penanggungan ini sungguh indah untuk dinikmati. Pokoknya gokil banget nih tempat!,” seperti dikutip dalam tulisan caption tersebut.

Unggahan video dalam Instagram itu sudah diputar sekitar 30.141. Unggahan tersebut pun mendapatkan respons beragam dari warganet antara lain:

@gigihprayogo_ menulis Mari tetap menjaga kebersihan dan keasriannya kawan

@dindahaqiqi menulis Kenapa ini viral setelah kami kembali ke perantauan

@ideeww @radenaan menulis cakep bgtt

@the.sriwedari menulis Diluk engkas lak rusuh, ban motor nyari jalur baru di mana-mana,akeh wong dodol pentol, sampah plastik dimana2.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bekas Lokasi Galian

Di twitter, Ranu Manduro ini juga mendapatkan berbagai ragam komentar. Menurut warganet, tempat ini merupakan bekas lokasi galian, dan sudah ada sejak dua tahun lalu.

Salah satunya disebutkan warganet di twitter dengan akun @remah_nastar. Ia menulis baru viral yah Ranu Manduro di Mojokerto padahal nih tempat udah ada dari dulu, ini kufoto awal 2018, udah dua tahun lalu wkwk.

Selain itu warganet @audrynola menulis satu tahun yang lalu feeling ood-nya masih sepi dan belum jemek.

Bahkan di Ranu Manduro juga terdapat danau. Oleh karena itu, disebut Ranu Manduro.

@amnesiiiaaa menulis Foto pertama tahun 2018, ada danaunya, mangkanya dinamakan “ranu”. Lalu tak berapa lama tempat itu ditutup (kurang tau karna apa) sampai air danaunya dikuras, mungkin karna viral. Foto kedua diambi 4 hari lalu ga nyangka skg jadi viral,”

Ada juga warganet yang mengharapkan Ranu Manduro tetap bersih dan tetap dijaga keindahannya. Seperti yang disebutkan salah satu warganet ini.

@RigaPurnama menulis Ranu Maduro kalo gk ada pengurusnya bisa2 jadi rusak lg. Udh viral, pasti akan banyak orang yg berkunjung ke sana. Kendaraan pengunjung malah bisa2 merusak tempat tersebut. Dan semakin banyak orang datang, takutnya banyak tangan2 jail yg membuang sampah sembarangan pula.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.