Sukses

4 Tempat Wisata Mojokerto untuk Melepas Penat

Berikut adalah beberapa wisata yang ada di Mojokerto, Jawa Timur yang bisa jadi pertimbangan untuk dijelajahi.

Liputan6.com, Jakarta - Mojokerto, Jawa Timur termasuk daerah memiliki sejumlah wisata piliha untuk dikunjungi. Salah satu yang terkenal dari daerah ini adalah wisata sejarah karena terdapat banyak peninggalan sejarah di Mojokerto.

Namun, baru-baru ini Mojokerto menjadi perbincangan hangat warganet karena terdapat salah satu tempat wisata yang jarang diketahui, yaitu Ranu Manduro.

Wisata tersebut menarik perhatian warganet karena disebut-sebut memiliki pemandangan yang bagus. Bahkan, Ranu Manduro disebut-sebut menyerupai pemandangan di Selandia Baru. Hal ini pun disoroti oleh warganet di Twitter dan di Instagram sejak Selasa, 25 Februari 2020.

Namun, tak hanya Ranu Manduro yang memiliki daya tarik wisata. Di Mojokerto terdapat beberapa tempat yang tak lengkap jika tak dikunjungi. Liputan6.com merangkumnya mengutip dari berbagai sumber, Rabu (26/2/2020):

1. Ranu Manduro

Warganet dihebohkan dengan salah satu tempat yang berada di Mojokerto, yaitu Ranu Manduro. Tempat ini berada di desa Manduro, Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur.

Ranu Manduro merupakan daerah pegunungan yang dominan berwarna hijau. Melansir dari instagram @asli_mojokerto, tempat wisata ini jarang diketahui oleh masyarakat. Beberapa menyebutkan Ranu Manduro adalah area bekas tambang yang menampilkan pemandangan Gunung Penanggungan.

Dalam video yang diunggah menampilkan pegunungan hijau. Ada juga bebatuan dan lahan rumput yang menghampar luas. Dinamakan Ranu Manduro karena dulunya di tempat ini terdapat danau (Ranu). Sejak viral, tempat ini pun disandingkan dengan beberapa tempat yang berada di belahan dunia seperti pemandangan di Selandia Baru.

2. Sumber Wuluh

Di Mojokerto terdapat salah satu wisata alam yang memadukan flora dan fauna, yaitu Sumber Wuluh. Tempat ini berada di dusun Sidorejo, desa Wonosari, Ngoro, Mojokerto.

Wisata Sumber Wuluh menyajikan pemandangan alam yang asri, pohon-pohon tumbuh membuat sekeliling teduh. Terdapat banyak pohon besar yang akarnya muncul ke tanah.

Selain itu ada juga kolam yang berisikan ikan berbagai warna, pengunjung dapat memberi makan ikan yang ada di tempat ini. Semilir angin dengan hamparan lahan hijau dipadukan dengan gemericik air membuat suasana di tempat ini menyejukkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Kawasan Sungai Brantas Indah dan Jogging Track

3. Kawasan Sungai Brantas Indah dan Jogging Track

Ketika berada di kawasan dermaga Sungai Brantas, Anda dapat menikmati Jogging Track Mojokerto (JTM) yang berjarak sekitar 200 meter dari jalan Hayam Wuruk.

JTM cocok digunakan untuk berolah raga pada pagi hari dan untuk sekadar jalan-jalan pada sore hari. Tak hanya itu, Anda juga dapat menikmati suasana Sungai Brantas yang menjadi salah satu ciri khas Mojokerto.

Tempat ini berada di Jalan Benteng Pancasila, Mergelo, Magersari, Mojokerto, Jawa Timur. Anda juga dapat berkuliner di warung yang ada di sepanjang jogging track. Pada waktu tertentu JTM biasa mengadakan pentas musik atau atraksi sepeda BMX.

4. Kelenteng Hok Siang Kiong

Di Mojokerto terdapat kelenteng yang sudah lama berdiri, yaitu Kelenteng Hok Siang Kiong. Bangunannya memiliki kekhasan dari etnis Tionghoa dengan dua patung naga yang ada di atapnya.

Kelenteng ini disebut-sebut dibangun pada zaman kolonial Belanda atau tepatnya pada 1823. Kelenteng ini dijadikan sebagai tempat ibadah umat Khong Hu Chu. Kelenteng Hok Siang Kiong berada di jantung kota, tepatnya 750 meter dari alun-alun Mojokerto.

 

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.