VIDEO: Kemensos RI Salurkan Bantuan bagi Korban Banjir di Probolinggo

VIDEO: Kemensos RI Salurkan Bantuan bagi Korban Banjir di Probolinggo

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo. Mulai mendistribusikan bantuan ke sejumlah daerah terdampak banjir. Pihak BPBD juga telah mengkonfirmasi 12 kecamatan di Probolinggo diterjang banjir sejak sepekan lalu. Terdapat delapan kecamatan di antaranya terjadi sejak dua hari lalu, dan kini kondisi banjir telah surut.

Ribuan kardus berisi aneka jenis makanan, dan obat-obatan serta peralatan kebencanaan dari Kementerian Sosial RI tiba di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Probolinggo, pada Senin siang.

Bantuan itu di antaranya berupa peralatan kebutuhan keluarga, peralatan anak-anak, makanan, hingga tenda gulung yang totalnya berjumlah 2500 kardus lebih senilai Rp 100 juta.

Dalam sepekan, sebanyak 12 kecamatan di wilayah Kabupaten Probolinggo diterjang banjir secara bergantian. BPBD Kabupaten Probolinggo mengkonfirmasi sebanyak 2000 lebih rumah terendam, satu tanggul dan plengsengan jebol, satu orang meninggal dunia.

Sesuai rencana bantuan akan didistribusikan ke empat kecamatan terdampak banjir yang parah dua hari lalu, yakni Kecamatan Gending, Banyuanyar, Leces, dan Tegalsiwalan.

Seperti diberitakan sebelumnya, tujuh kecamatan di wilayah Kabupaten Probolinggo diterjang banjir akibat sejumlah sungai meluap, di antaranya Sungai Sumber Kareng dan Sungai Banyubiru di Kecamatan Gending.

Banjir yang terjadi malam hari itu, memaksa puluhan warga di sembilan desa di Kecamatan Gending mengungsi, karena ketinggian air saat itu mencapai 1 meter lebih. Demikian diberitakan pada Fokus, 26 Februari 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 27 February 2020, 23:33 WIB

Video Terkait

Spotlights