Sukses

VIDEO: 3 Pembobol Kartu Kredit Pakai Uang Kejahatannya untuk Bisnis Travel Online

Liputan6.com, Jakarta - Subdit Siber Ditrekrimsus Polda Jatim berhasil membongkar kasus carding, atau pembobolan kartu kredit yang digunakan untuk menjalankan bisnis travel online. Untuk membayar endorse para artis yang menawarkan bisnis travel online yang dijalankan oleh tiga tersangka.

Sebanyak tiga tersangka pembobol kartu kredit atau carding SC, MFD, warga Jakarta dan MD warga Bali dibekuk petugas Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Jatim.

Barang bukti seperti kartu kredit, buku tabungan, handphone, serta laptop disita petugas. Dari hasil pengembangan, uang hasil kejahatan yang dilakukan sejak 2019 digunakan untuk menjalankan bisnis travel online.

Untuk menjalankan bisnisnya hasil pencucian uang.  tersangka menggunakan jasa endorse publik figur, di antaranya artis Gisel, Tyas Mirasih, Jessica Iskandar, Boy William serta artis dan selebgram lain.

Para artis endorse tersebut dibayar menggunakan uang hasil membobol kartu kredit milik orang lain. Untuk setiap artis dibayar bervariasi. Saat ini, polisi masih mendalami keterangan tiga orang tersangka kasus carding tersebut, untuk mengetahui sejauh mana peran para publik figur dimaksud.

"Ini dibuka melalui akun, akunnya dengan nama tiket kekinian, dalam hal operasionalnya juga turut melibatkan beberapa nama publik figur,” ungkap Kombes Pol Trunoyudho, Kabid Humas Polda Jatim.

Saat ini polisi sudah melayangkan surat pemanggilan sebagai saksi kepada publik figur yang pernah menerima endorse dari pelaku, para artis tersebut akan dimintai keterangan, guna menjelaskan sejauh mana peran mereka. Demikian video pemberitaannya pada Fokus, 28 Februari 2020.