Sukses

3 Aksi Tri Rismaharini Antisipasi Virus Corona di Surabaya

Beberapa langkah Tri Rismaharini dalam menghadapi Covid-19 di Surabaya.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto pada Senin (2/3/2020) di Istana Merdeka kemarin telah menyatakan bahwa dua orang Indonesia positif terjangkit virus Corona. Ibu dan anak tersebut merupakan kasus pertama Covid-19 di Indonesia.

Dua WNI tersebut positif Corona setelah berinteraksi dengan orang Jepang yang datang ke Indonesia. Wanita berusia 64 tahun serta anaknya yang berusia 31 tahun kini sudah dirawat secara intensif di ruangan isolasi di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Sudah masuk ke Indonesia, Presiden dan aparat pemerintah meminta masyarakat agar tetap tenang dan tak panik. Tak terkecuali Walikota Surabaya, Tri Rismaharini. Sejumlah aksi dan perintah telah dilakukan oleh Risma dalam mengantisipasi wabah Corona di Surabaya.

Berikut ini 3 aksi Tri Rismaharini untuk mengantisipasi Corona di Surabaya, dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Selasa (3/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Tri Rismaharini Imbau Warga Konsumsi Kurkuma

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) berpesan kepada warga Surabaya, Jawa Timur, agar terhindar dari virus Corona Covid-19 dengan cara mengkonsumsi zat yang mengandung kurkuma seperti jahe, siri, temulawak dan kunyit. Cara ini merupakan penemuan dari professor dari Universitas Airlangga (Unair), Chaerul Anwar Nidom.

"Jadi ayo kita gunakan itu. Tidak mahal juga. Meskipun kita tidak tahu itu betul atau tidak, tapi yang paling penting adalah kita sudah berusaha. Jadi sudah berapa bulan ini saya minum itu. Kalau mau saya buatkan di kediaman, ada banyak," ujar Risma usai menggelar doa bersama di Pemkot Surabaya, Senin (2/3/2020), seperti dikutip dari Antara.

Risma bahkan telah melakukan pengecekan dan mengamati dua negara yang juga mengonsumsi rempah-rempah, yaitu India dan Turki.

"Orang India adalah konsumen rempah-rempah. Saya juga masih cek di Negara Turki seperti apa karena Turki pengguna rempah-rempah juga," ujar Risma.

Risma menilai kebenaran dari temuan pencegahan virus tersebut karena terbukti ada tujuh orang India di Kota Wuhan, China, sampai hari ini selamat dan tidak terjangkit virus Corona.

3 dari 4 halaman

2. Kumpulkan Para Pengusaha Surabaya

Selain mengimbau masyarakat luas untuk mengonsumsi zat yang mengandung kurkuma, Risma juga memanggil sejumlah pelaku usaha dari berbagai bidang yang berada di Surabaya. Risma menggelar rapat koordinasi bertajuk "Tatap Muka dengan Pelaku Usaha terkait Perkembangan Ekonomi dan Dunia Usaha di Kota Surabaya" digelar di Graha Sawunggaling komplek Balai Kota Surabaya, Rabu (19/2/2020) lalu.

Berbagai masalah pengusaha itu disampaikan langsung kepada Risma, mulai dari perizinan hingga kendala impor yang diakibatkan oleh virus corona Covid 19 di China.

"Kita harus punya plan A, B, C dan bahkan D, supaya ketika ada masalah tidak kaget dan tidak gampang menyerah," ujarnya.

4 dari 4 halaman

3. Periksa Kapal Pesiar yang Datang ke Surabaya

Risma juga melakukan upaya antisipasi wabah Corona masuk ke Surabaya dengan melakukan pengecekan secara menyuruh pada kapal-kapal pesiar yang datang ke Surabaya. Kabarnya risma telah berkoordinasi dengan Kemenkes dan Dinkes Jawa Timur bila ada kapal pesiar ke Surabaya.

Sebelum ke Surabaya, Risma meminta untuk kapal diperiksa sebagai bentuk antisipasi dari virus Corona. Selain itu, pelabuhan di Surabaya juga telah menyiapkan peralatan sebagai bentuk kewaspadaan atas virus Covid-19 ini.

Risma juga telah mengeluarkan surat edaran dan memiliki satgas khusus terkait antisipasi Corona. Pemkot Surabaya bahkan telah melakukan sosialisasi kepada warga hingga sejumlah rumah sakit di Surabaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.