VIDEO: Warga Sidoarjo Minta Pemkab Bangun Gorong-Gorong

VIDEO: Warga Sidoarjo Minta Pemkab Bangun Gorong-Gorong

Akibat hujan deras beberapa jam, tiga desa di Kecamatan Rejoso, Pasuruan, diterjang banjir dari luapan Sungai Rejoso yang mengalami pendangkalan.

Sementara di Sidoarjo, upaya penanggulangan banjir yang terjadi hampir 2 bulan di Desa Banjarasri dilakukan dengan meninggikan jalan desa, agar air tidak lagi menggenang.

Hingga Minggu siang, tiga desa yang terendam banjir itu adalah Desa Rejoso Lor, Patuguran, dan Kedungbako, Kecamatan Rejoso. Banjir terparah di Desa Rejoso Lor, dengan ketinggian air mencapai 0,5 - 1 meter.

Menurut warga, air berasal dari luapan Sungai Rejoso yang mengamali pendangkalan, hingga tak mampu menampung debit air yang berlebihan. Setiap kali terjadi hujan deras, selalu terjadi banjir, dan menjadi lebih parah jika laut mengalami pasang.

Sementara di Sidoarjo, upaya penanggulangan banjir yang terjadi hampir 2 bulan di Desa Banjarasri, Kecamatan Tanggulangin, dilakukan dengan meninggikan jalan desa. Pengurukan dilakukan pihak desa dengan tanah sirtu setinggi kurang lebih 50 centimeter.

Walaupun bisa mengurangi genangan di jalan desa, tapi rumah sebagian warga tetap tergenang banjir, karena letak rumah yang lebih rendah dari jalan desa.

Meski demikian, sebagian warga mengaku pasrah, dan menguruk rumah mereka, dari sisa material urugan jalan desa. Selain peninggian akses jalan Desa Banjarasri ini, warga meminta kepada Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, agar di desa mereka juga dibuatkan gorong-gorong, supaya aliran air banjir bisa lancar dan tidak menggenangi kembali. Demikian diberitakan pada Liputan6, 2 Maret 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 04 March 2020, 01:00 WIB

Video Terkait

Spotlights