Sukses

Bandara Juanda Sediakan Hand Sanitizer Gratis untuk Penumpang

Cairan cuci tangan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus corona itu ditempatkan di beberapa titik strategis yang mudah dijangkau oleh penumpang.

Liputan6.com, Jakarta - Petugas Bandara Internasional Juanda Surabaya menyediakan cairan pencuci tangan atau hand sanitizer untuk para penumpang sebagai upaya membantu membersihkan tangan selama di bandara.

Legal and Communication Section Head PT Angkasa Pura I Juanda, Surabaya Yuristo mengatakan, cairan cuci tangan itu ditempatkan di beberapa titik strategis yang mudah dijangkau oleh penumpang, Selasa, 3 Maret 2020.

"Seperti di tempat pemeriksaan KKP, di depan ruang isolasi KKP, tempat informasi dan di beberapa tenant di Bandara Juanda juga disediakan cairan pencuci tangan itu," katanya di Bandara Internasional Juanda Surabaya, dilansir dari Antara.

Ia mengemukakan, cairan pembersih tangan itu hanya satu dari sekian upaya mencegah penyebaran COVID-19.

"Kami juga menyediakan sabun cuci tangan di masing-masing toilet bandara sehingga penumpang bisa langsung mencuci tangan mereka selesai dari toilet," katanya di Surabaya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengawasan Sesuai Prosedur

Petugas yang melayani penumpang secara langsung di Juanda, kata dia, sebelumnya telah diinstruksikan untuk menggunakan alat pelindung diri seperti masker.

"Kami juga terus berkoordinasi lintas sektoral baik itu dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya dan juga pihak TNI AL jika memang nantinya ditemukan ada penumpang yang sakit," katanya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya Muhammad Budi Hidayat mengatakan jika pengawasan penumpang di Bandara Internasional Juanda Surabaya sudah sesuai dengan standar operasi prosedur (SOP) sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona di bandara setempat.

"Pengawasan sudah dilakukan sesuai dengan standar, mulai pemeriksaan suhu tubuh penumpang sampai dengan pengisian kartu kesehatan," katanya saat dikonfirmasi di Bandara Internasional Juanda Surabaya, di Sidoarjo Jawa Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.