Sukses

Imbas Corona, Kunjungan Wisata ke Luar Negeri Sepi Peminat

Sebelum corona merebak, agen dengan tujuan luar negeri bisa memberangkatkan beberapa perjalanan. Namun saat ini mengalami penurunan yang drastis.

Liputan6.com, Jakarta - Agen perjalanan wisata ke luar negeri yang ada di Surabaya mengeluhkan menurunnya minat wisata ke luar negeri dalam sebulan ini akibat ancaman wabah virus corona serta beberapa negara menutup kunjungan turis asing.

"Kalau Januari 2020 masih ada kunjungan, tapi saat Februari begitu ada pengumuman dan China terkena wabah, langsung tidak ada peminat berwisata ke luar negeri," kata Pemilik Padma Tour Organizer, Wina Bojonegoro, di Surabaya, Rabu, 4 Maret 2020.

Ia mengatakan, pada saat kali pertama wabah corona diumumkan China, perjalanan ke luar negeri peminatnya mulai menurun, padahal biasanya dalam sebulan ada delapan kali perjalanan dari Surabaya, Malang dan Jakarta, dilansir dari Antara.

"Kalau awal-awal corona masih ada penerbangan, dan harusnya bulan ini juga ada yang berangkat tapi ternyata tidak bisa atau dibatalkan," kata Wina kepada wartawan.

Biasanya, kata dia, Padma Tour Organizer memberangkatkan wisatawan ke sejumlah wilayah Asia, seperti Vietnam dan Thailand, ditambah beberapa negara Eropa seperti Turki.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berharap Perjalnan Domestik

Oleh karena itu, Wina berharap pemerintah bisa melakukan langkah antisipasi agar kondisi yellow zone bagi Indonesia bisa kembali ke green zone.

Ketua DPD Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA atau Asosiasi agen tour dan travel Indonesia) Jawa Timur, Arifudinsyah mengakui hal yang sama, bahwa beberapa agen travel saat ini sedang jatuh.

"Saat ini memang sedang kolaps, bahkan untuk penerbangan ke China sudah dibatalkan semua, umroh distop dan tiket penerbangan sedikit," kata Arifudinsyah.

Arifudinsyah mengaku, dirinya bersama beberapa anggota travel hanya berharap pada perjalanan domsetik, meski dalam beberapa pekan terakhir masih kurang bergairah.

"Kami saat ini hanya berharap dari pariwisata domestik antarprovinsi, sebab kalau ke luar negeri sudah sulit ," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.