VIDEO: Penumpang Pesawat Internasional Jalani Pemeriksaan Berlapis di Bandara Juanda

VIDEO: Penumpang Pesawat Internasional Jalani Pemeriksaan Berlapis di Bandara Juanda

Sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona. Pihak Bandara Juanda beserta petugas KKP Kelas I Surabaya melakukan screening berlapis kepada sejumlah penumpang yang baru turun dari pesawat Singapore Airlines.

Pemeriksaan berlapis tersebut dilakukan untuk memastikan para penumpang yang datang dari luar negeri bebas dari penyebaran virus corona.

Penumpang Singapore Airlines yang mendarat pukul 9 pagi harus di-screening dua kali oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya.

Screening pertama dilakukan ketika penumpang masih di dalam pesawat dengan menggunakan thermo gun. Masing-masing penumpang diperiksa dengan alat pengecek suhu tubuh berbentuk seperti pistol.

Pengecekan dilakukan di kening penumpang dengan jarak sekitar 30 centimeter. Sedangkan pemeriksaan kedua dilakukan di selasar terminal kedatangan internasional dengan menggunakan thermo scanner. Berikut diberitakan pada program Fokus, 4 Maret 2020.

Sementara itu, 85 penumpang Singapore Airlines dan 82 penumpang Malaysia Airlines yang tiba di Bandara Internasional Juanda langsung diperiksa oleh petugas kesehatan KKP Kelas I Surabaya.

Selain melakukan body scanner para penumpang juga dilakukan pemeriksaan sekaligus pengisian kartu kewaspadaan kesehatan untuk memastikan para penumpang yang datang dari luar negeri bebas dari penyebaran virus corona.

Petugas mengizinkan penumpang dan crew pesawat yang datang untuk masuk ke terminal kedatangan bandara jika lolos pemeriksaan petugas dan pemeriksaan thermo scanner.

Selain memeriksa langsung satu per satu penumpang, dan crew pesawat yang datang, petugas kesehatan bandara mempunyai dua thermo scanner yang dipasang di Terminal Kedatangan dan Terminal Keberangkatan Internasional.

Sedangkan satu thermo scanner yang berada di Terminal Domestik belum diaktifkan masih menunggu instruksi Menteri Kesehatan.

Pihak pengelola bandara juga melibatkan petugas Pengamanan Bandara dari TNI AL Lanudal Juanda. Jumlah personil PAM Bandara dari Lanudal Juanda ditambah dua kali lipat dibanding sebelumnya, terkait kondisi siaga virus corona di Bandara Juanda.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 05 March 2020, 23:55 WIB

Video Terkait

Spotlights