Sukses

Sepak Terjang Ayu Maulida, Alumni Unair Surabaya Peraih Mahkota Puteri Indonesia 2020

Liputan6.com, Surabaya - Setelah enam tahun lalu Elvira Devinamira Wirayanti alumni Fakultas Hukum (FH) Univesitas Airlangga (Unair) Surabaya, memperoleh gelar Puteri Indonesia 2014, gelar itu kembali diperoleh alumni Universitas Airlangga.

Adalah Rr Ayu Maulida Putri, alumni Fakultas Hukum UNAIR angkatan 2015 berhasil meraih mahkota Puteri Indonesia 2020. Ayuma, sapaan akrabnya, berhasil dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2020 setelah menyisihkan sebanyak 39 peserta Puteri Indonesia lainnya yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia. Gelar itu disematkan kepada Ayu pada Jumat malam di Jakarta Convention Center.

Dihimpun dari Unair Surabaya, Sabtu (7/3/2020), Ayuma baru saja memperoleh gelar sarjana hukum Universitas Airlangga pada September 2019. Dia menyelesaikan kuliahnya sekitar 3,5 tahun. Seperti caption yang diunggah pada akun instagramnya @ayumaulida97.

Selain mendapatkan gelar Puteri Indonesia 2020, pada penghargaan bergengsi itu dia berhasil mengantongi juara Second Runner-up evening gown serta menjadi pemenang dalam Traditional Costum yang mengangkat tema Cahaya Kejayaan Majapahit.

Perjalanan Ayuma dimulai ketika masuk 11 besar. Dia mengangkat advokasi mengenai Senyum Desa yang juga merupakan komunitas pengabdian yang didirikan oleh mahasiswa UNAIR.

Sebelumnya, Ayuma berperan aktif dalam komunitas tersebut, sehingga mengantarkannya masuk dalam enam besar. Seleksi itu lantas mengantarkan Ayuma masuk dalam jajaran tiga besar Puteri Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Berkarier di Dunia Model

Sebelumnya, perjalanan karier Ayuma di dunia model cukup panjang. Pada 2017, ia sempat mengikuti ajang Puteri Indonesia Jawa Timur namun belum dapat lolos menuju kompetisi tingkat nasional. Namun, hal itu tak lantas membuatnya putus asa.

Dia kemudian mencoba kembali pada tahun ini dengan memperbaiki segala kekurangannya. Gelar juara umum pada kompetisi Face of Asia pada 2019 turut menjadi bekal Ayuma dalam mengikuti kompetisi Puteri Indonesia.

Dengan dinobatkannya Ayuma sebagai Puteri Indonesia 2020, nantinya dia berhak mewakili Indonesia di ajang kontes kecantikan bertaraf Internasional yakni Miss Universe 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.