Sukses

7 Wisata Alam Mojokerto Terpopuler, Keindahan Wilayah Pegunungan

Wisata alam Mojokerto dipengaruhi kondisi geografisnya yang dekat dengan pegunungan

Liputan6.com, Jakarta Wisata alam Mojokerto tidak kalah terkenal dengan wisata peninggalan sejarahnya. Apalagi, baru-baru ini sebuah tempat wisata alam yang sangat indah, yaitu Ranu Manduro menjadi perbincangan hangat warganet di media sosial.

Wisata alam Mojokerto sudah menjadi favorit wisatawan di Jawa Timur. Hal ini didukung pula dengan lokasinya yang tidak begitu jauh dari Kota Surabaya. Bagi kamu yang di Surabaya dan sedang suntuk dengan pekerjaan, menjalani akhir pekan di Mojokerto pastinya akan membuatmu segar kembali.

Wisata alam Mojokerto dipengaruhi kondisi geografisnya yang dekat dengan pegunungan. Kondisi alam yang sejuk dan pemandangan yang indah tentunya dapat memanjakan mata dan rasa. Tidak heran jika banyak orang memutuskan untuk menenangkan diri ke Mojokerto.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (8/3/2020) destinasi wisata alam Mojokerto yang sayang buat dilewatkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gunung Penanggungan dan Sumber Wuluh

Gunung Penanggungan

Karena terletak di kaki Gunung Penanggungan, tentu saja wisata alam Mojokerto yang pertama adalah Gunung Penanggungan itu sendiri. Bagi kamu yang menggemari naik gunung dapat melakukan kegiatan pendakian di Gunung ini.

Pendakian yang cukup santai di gunung dengan ketinggian 1.653 meter di atas permukaan laut ini hanya membutuhkan waktu sekitar tiga hingga enam jam pendakian. Jalurnya cukup mudah, jadi kamu tidak akan terlalu lelah.

Walaupun begitu, kamu tetap harus mempersiapkan segala persiapan pendakian gunung dengan matang agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Di Gunung Penanggungan ini kamu juga bisa menemukan banyak candi dan peninggalan sejarah lainnya. Jadi, kamu juga akan banyak belajar tentang sejarah saat berkunjung ke wisata alam Mojokerto ini.

Sumber Wuluh

Di Mojokerto terdapat salah satu wisata alam yang memadukan flora dan fauna, yaitu Sumber Wuluh. Tempat ini berada di dusun Sidorejo, desa Wonosari, Ngoro, Mojokerto.

Wisata alam Mojokerto ini menyajikan pemandangan alam yang asri, pohon-pohon tumbuh membuat sekeliling teduh. Terdapat banyak pohon besar yang akarnya muncul ke tanah.

Selain itu ada juga kolam yang berisikan ikan berbagai warna, pengunjung dapat memberi makan ikan yang ada di tempat ini. Semilir angin dengan hamparan lahan hijau dipadukan dengan gemericik air membuat suasana di tempat ini menyejukkan.

3 dari 5 halaman

Air Terjun dan Perkemahan Dlundung

Air Terjun Dlundung

Wisata alam Mojokerto yang berikutnya adalah Air terjun Dlundung. Air Terjun Dlundung ini terletak di Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas. Obyek utamanya berupa air terjun di lereng Gunung Welirang.

Kawasan air terjun Dlundung dilengkapi dengan bumi perkemahan dan warung-warung yang siap melayani para pengunjung dengan suasana pedesaan yang khas. Nuansa alam pegunungan nan sejuk dan berpanorama indah merupakan daya tarik tersendiri.

Oleh-oleh khas wiasata pegunungan berupa sayur-sayuran dan buah-buahan segar bisa didapat tidak jauh dari lokasi. Puluhan hotel dan villa tersebar di lokasi dengan harga yang terjangkau.

Bumi Perkemahan Dlundung

Selain wisata air terjun yang begitu populer, wisata alam Mojokerto di kawasan Dlundung juga memiliki bumi perkemahan yang banyak menarik minat wisatawan untuk melaksanakan kegiatan berkemah.

Dengan suasana alam yang masih asri ditambah dengan hawa sejuk yang menyegarkan, menjadikan siapapun akan merasa nyaman dan betah untuk tinggal lebih lama di Bumi Perkemahan Dlundung ini. Fasilitas di Bumi Perkemahan Dlundung ini sudah cukup memadai, sehingga kamu tidak perlu khawatir saat berkunjung.

 

4 dari 5 halaman

Air Terjun Canggu dan Air Terjun Grenjengan

Air Terjun Canggu

Tempat wisata alam Mojokerto yang wajib kamu kunjungi berikutnya adalah Air Terjun Canggu. Berbeda dengan air terjun pada umumnya, air terjun ini memiliki dinding air yang berwarna hitam dan ini asli terbentuk secara alami. Canggu memiliki panorama alam yang sangat indah.

Saat berada di air terjun ini kamu akan berasa di kelilingi oleh tembok besar berwarna hijau. Gemericik air terjun yang deras akan membuat udara di sekitar semakin sejuk. Aktivitas yang bisa kamu lakukan di air terjun ini adalah bermain air. Selain itu, kamu juga bisa berswafoto di sekitaran air terjun dengan menggunakan beberapa angle untuk mendapatkan hasil foto yang keren.

Air Terjun Canggu ini terletak di Desa Padusan, Kecamatan Pacet, air terjun ini satu lokasi dengan Pemandian Air Panas Padusan. Ya, hanya berjarak sekitar 300 meter. Dari pintu masuk wisata Pacet, kamu bisa langsung mengambil kea rah kiri.

Air Terjun Grenjengan

Wisata alam Mojokerto yang berdekatan dengan kedua tempat wisata di atas adalah Air Terjun Grenjengan. Ya, karena letaknya yang berdekatan, kamu bisa sekaligus mampir ke masing-masing tempat tersebut. Air terjun ini berada tepat di lereng gunung Welirang dan di sebelah selatan pemandian air panas.

Untuk bisa sampai di sana, kamu harus menyusuri jalanan setapak. Walaupun lokasinya jauh, namun kamu enggak akan menyesal ketika sampai di sana. Pasalnya, kamu akan disuguhkan panorama alam yang menakjubkan. Dikelilingi pepohonan yang hijau, serta air yang keluar dari semak-semak pohon, menambah kealamian Air Terjun Grenjengan ini.

Di sini kamu bisa bermain air yang segar. Selain itu, kamu juga bisa berswaforo dengan menggunakan latar belakang pepohonan yang rindang. Nah, untuk bisa ke sini, kamu harus melewati gerbang masuk wisata Pacet.

5 dari 5 halaman

Ranu Manduro

Salah satu wisata alam Mojokerto yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan adalah Ranu Manduro. Warganet dihebohkan dengan salah satu tempat yang berada di Mojokerto, yaitu Ranu Manduro. Tempat ini berada di desa Manduro, Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur.

Ranu Manduro merupakan daerah pegunungan yang dominan berwarna hijau. Beberapa orang menyebutkan Ranu Manduro adalah area bekas tambang yang menampilkan pemandangan Gunung Penanggungan.

Wisata alam Mojokerto ini menarik perhatian warganet karena disebut-sebut memiliki pemandangan yang bagus. Bahkan, Ranu Manduro disebut-sebut menyerupai pemandangan di Selandia Baru.

Walaupun memiliki keindahan alam yang tiada tara, berbagai wisata alam Mojokerto tersebut tentunya harus kita jaga bersama agar selalu bersih dan lestari. Dengan begitu, kamu akan senantiasa bahagia saat berlibur ke sana dan menjaga alam tersebut asri dan tetap alami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini