VIDEO: Intip Langkah PT KAI Daop 8 dan 9 Cegah Penyebaran Corona di Tiap Stasiun

VIDEO: Intip Langkah PT KAI Daop 8 dan 9 Cegah Penyebaran Corona di Tiap Stasiun

Sebagai antisipasi penyebaran virus corona, PT KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan kereta kesehatan, atau rail clinic di lintas Mojokerto-Surabaya-Bojonegoro. Sementara PT KAI Daop 9 mengintensifkan penyemprotan disinfektan dalam gerbong kereta untuk mencegah perkembangbiakan virus dan kuman penyebab penyakit, terutama corona.

Ada yang menarik di Stasiun Gubeng Surabaya, pada Minggu siang, sesosok robot Transformer membagikan masker dan brosur terkait penyebaran dan pencegahan berkembangnya virus corona. Berikut video pemberitaannya pada Fokus, 9 Maret 2020.

Bukan tanpa maksud, kegiatan ini menjadi rangkaian upaya PT KAI Daop 8 Surabaya untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Suprapto, Humas Daop 8 PT KAI menyampaikan, selain pembagian masker bernuansa hiburan, ada juga pelayanan kesehatan gratis, mulai pemeriksaan, pemberian obat, dan juga vitamin untuk daya tahan tubuh para penumpang.

Di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya, tersedia empat pos kesehatan dengan 43 tenaga kesehatan yang siap siaga 24 jam melayani para penumpang kereta api.

"Hari ini dalam acara bakti sosial, edukasi, kampanye dan sosialisasi pada masyarakat terkait dengan antisipasi penyebaran virus corona, kita lakukan pembagian brosur dan pemberian masker secara gratis serta pengobatan gratis," kata Suprapto, Humas Daop 8 Surabaya.

Sementara itu di PT KAI Daop 9 Jember melakukan penyemprotan disinfektan pada rangkaian gerbong kereta api. Penyemprotan dilakukan di stasiun, setelah kereta api menurunkan penumpang.

Hingga saat akan kembali digunakan, seluruh rangkaian gerbong telah bersih dari kuman maupun virus. Penyemprotan disinfektan dilakukan untuk menjaga kebersihan seluruh bagian interior kereta, termasuk kursi penumpang, maupun lantai, dari potensi perkembangan bakteri, kuman, maupun virus berbahaya.

Selain penyemprotan di beberapa sudut stasiun juga disediakan hand sanitizer yang bisa digunakan para penumpang untuk menjaga higienis sehingga penyebaran kuman maupun virus bisa diminimalkan.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 10 March 2020, 10:20 WIB

Video Terkait

Spotlights