Sukses

VIDEO: Buruh Tolak Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan buruh yang berunjuk rasa menolak Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja, memblokade jalan rute Sidoarjo ke Surabaya dan membakar kayu di Perempatan Jalan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Aksi buruh ini menimbulkan kemacetan, baik dari arah Sidoarjo menuju Surabaya maupun sebaliknya.

Aksi blokade jalan ini dilakukan buruh yang berunjuk rasa menolak Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja. Konvoi ratusan buruh yang hendak menuju Kota Surabaya ini, tiba-tiba berhenti di tengah jalan sambil membakar kayu.

Aksi buruh ini mengakibatkan kemacetan panjang, terutama jalur dari Sidoarjo menuju Surabaya. Demikian pula jalur dari Surabaya atau jalur alternatif dari Bandara Juanda menuju Kota Sidoarjo juga menjadi tersendat.

Dalam orasinya, buruh menyatakan menolak Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja, karena dinilai hasil konspirasi pemerintah dengan kaum kapitalis. Omnibus Law juga dianggap sangat merugikan hak-hak kaum buruh, termasuk kelompok usaha mikro kecil dan menengah.

Karena itu, buruh menolak Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja untuk disahkan menjadi undang-undang.

Setelah memblokade jalan di Perempatan Gedangan Sidoarjo sekitar setengah jam, buruh kemudian melanjutkan aksi menuju Kota Surabaya. Mereka bergabung dengan ribuan buruh lain dari sejumlah kota di Jawa Timur. Demikian video pemberitaannya pada Liputan6, 13 Maret 2020.