VIDEO: Warga Bersama Perangkat Desa Panen Berbagai Jenis Rempah-Rempah

VIDEO: Warga Bersama Perangkat Desa Panen Berbagai Jenis Rempah-Rempah

Berawal dari memanfaatkan lahan kosong milik desa, kini warga di Kabupaten Gresik, berhasil memanen aneka jenis tanaman toga atau rempah-rempah yang dipercaya bisa mencegah virus corona, Covid-19.

Tanaman yang sudah ditanam sejak 2 tahun yang lalu ini, dipanen lantaran tanaman jenis ini sedang menjadi perhatian masyarakat luas karena dipercaya sebagai obat penangkal virus corona. Berikut kita simak video pemberitaannya pada Fokus, 10 Maret 2020.

Beginilah suasana panen tanaman toga atau rempah-rempah dilahan seluas 20x50 meter di Desa Yosowilangun, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik.

Warga, perangkat desa dan pihak Puskesmas bersama-sama memanen tanaman yang dipercaya dapat mencegah virus corona, yang ditanam sejak 2 tahun lalu tersebut. Antara lain, temulawak, jahe, jahe merah, kunyit, sereh, dan berbagai jenis tanaman obat lainnya.

Panen raya ini dilakukan untuk mengambil manfaat dari berbagai macam jenis tanaman toga yang berfungsi menjaga kekebalan tubuh, serta dipercaya dapat mencegah virus Covid-19.

Ada 90 jenis tanaman obat yang ada di tempat ini, dan beberapa di antaranya termasuk jenis tanaman anti virus corona. Selain itu pihak desa juga menyediakan tempat cuci tangan, lengkap dengan sabun cair.

Hal ini untuk menerapkan gaya hidup bersih serta membiasakan cuci tangan setelah beraktivitas sebagai bagian dari antisipasi corona.

Usai melakukan panen raya tanaman toga, warga kemudian membersihkan bagian tanaman agar bisa dikonsumsi bersama-sama. Warga juga dihimbau tidak perlu cemas dan khawatir secara berlebihan tentang ancaman virus Covid-19.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 14 March 2020, 16:44 WIB

Video Terkait

Spotlights