Sukses

Banjir Bandang Bondowoso Terjang 300 Rumah Warga

Liputan6.com, Jakarta - Banjir bandang kembali menerjang ratusan rumah warga di dua desa di Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, setelah beberapa saat sebelumnya wilayah itu diguyur hujan deras pada Sabtu siang, 14 Maret 2020.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso Kukuh Triyatmoko saat dihubungi di Bondowoso, Jawa Timur mengatakan banjir bandang kembali terjadi dan menerjang permukiman warga di Desa Sempol dan Kalisat.

"Petugas kami sudah geser ke lokasi, banjir bandang terjadi Sabtu siang sekitar pukul 14:00 WIB, dan informasi terakhir pada pukul 16:00 WIB air sudah mulai surut," katanya, dilansir dari Antara.

Ia menyebutkan, akibat banjir bandang yang kembali melanda Kecamatan Ijen ini, diperkirakan sekitar 300 rumah warga yang terdampak.

"Sementara rumah terdampak banjir bandang kami perkirakan ada sekitar 300 rumah. Namun, itu data sementara, karena kami bersama petugas lainnya masih akan melakukan pendataan," ujar Kukuh.

Informasi dihimpun, sebelum terjadi banjir bandang yang menerjang permukiman warga di Desa Sempol dan Kalisat itu, terjadi hujan deras di hulu Gunung Suket. Dan tiba-tiba air bercampur lumpur menerjang permukiman warga.

Sebelumnya, pada 29 Januari 2020, banjir bandang juga telah menerjang dua desa di lereng Gunung Ijen, Bondowoso itu dan mengakibatkan ratusan rumah terendam banjir lumpur serta material lainnya.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini