Sukses

Alasan Objek Wisata Telaga Sarangan Tetap Buka di Tengah Wabah Corona COVID-19

Pemkab Magetan Jatim memutuskan objek wisata Telaga Sarangan tetap buka, meskipun Gubernur Khofifah meminta pemerintah daerah menutup sementara tempat-tempat umum untuk mencegah penularan Corona COVID-19.

Liputan6.com, Surabaya Pemkab Magetan Jatim memutuskan objek wisata Telaga Sarangan tetap buka, meskipun Gubernur Khofifah meminta pemerintah daerah menutup sementara tempat-tempat umum untuk mencegah penularan Corona COVID-19. Kebijakan ini juga sudah dikonsultasikan dengan Dinas Kesehatan Magetan.

“Ada alasan kuat mengapa pemkab sengaja tidak menutup tempat wisata Telaga Sarangan seperti yang diminta pemprov dan pusat karena objek wisata Telaga Sarangan merupakan sumber pendapatan utama masyarakat setempat,” ujar Venly Tomi Nicolas, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Magetan, seperti yang dikutip dari Antara, Kamis (19/3/2020).

Meskipun demikian, ia juga sudah menyiapkan upaya antisipatif penularan Corona COVID-19. Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) di Sarangan diminta untuk menyediakan cairan pembersih tangan dan sabun cuci tangan untuk tamu.

Disparbud Magetan juga sudah menyediakan alat pengukur suhu, sehingga pengunjung yang masuk ke kawasan wisata harus dipastikan suhu tubuhnya.

Venly berharap dibukanya Telaga Sarangan bisa mengundang banyak pengunjung, terlebih objek wisata lain ditutup.

“Kami usahakan yang terbaik untuk pencegahan penyebaran Corona COVID-19 di kawasan wisata,” tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.