Sukses

10.000 Pelanggan Baru PDAM Surabaya, Siapa Mereka?

Jumlah pelanggan baru Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya, Jawa Timur, bertambah 10.000 memasuki triwulan pertama 2020.

Liputan6.com, Surabaya Jumlah pelanggan baru Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya, Jawa Timur, bertambah 10.000 memasuki triwulan pertama 2020. Mereka terdiri dari pelanggan kategori tempat tinggal di lahan perkeretaapian, makam, dan lahan yang bukan hak milik.

“Penambahan pelanggan PDAM Surabaya ini terlihat dari tingginya permintaan master meter PDAM di masyarakat,” ujar Mujiaman, Dirut PDAM Surabaya, seperti yang dikutip dari Antara, Kamis (19/3/2020).

Master meter adalah meteran yang dikhususkan bagi warga tidak mampu, namun tetap membutuhkan air bersih. Sedangkan, biaya pemasangan meteran dibantu PDAM dengan sistem subsidi silang yaitu pelanggan kelas menengah atas ikut membantu pemasangan air bersih dengan master meter ke rumah warga tidak mampu.

Ia menyebutkan untuk program pemasangan pipa baru PDAM terdapat lonjakan signifikan sebesar lima kali lipat dari tahun-tahun sebelumnya. Sebelumnya, 10 kilometer per tahun, kini menjadi 50 kilometer per tahun. Meskipun demikian, angka itu masih belum sesuai target 100 kilometer per tahun.

Saat ini, total pelanggan PDAM Surabaya mencapai 580.000 pelanggan yang terdiri dari 80 persen pelanggan rumah tangga dan sisanya pelanggan bisnis dan industri.

“Dari sisi pendapatan perusahaan justru pelanggan bisnis dan industri yang berkontribusi lebih banyak,” ucap Mujiaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.