Sukses

Masjid Al Akbar Surabaya Tetap Gelar Salat Jumat, Ada Pemeriksaan Suhu Tubuh

Masjid Al Akbar Surabaya menerapkan protokol ketat untuk mencegah penyebaran virus corona baru COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Masjid Al Akbar Surabaya tetap menggelar salat Jumat pada Jumat, (20/3/2020). Akan tetapi, pihaknya menerapkan protokol ketat untuk mencegah penyebaran virus corona baru yang menyebabkan COVID-19.

“Ada, sangat ketat protokolnya,” ujar Humas Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Helmy M.Noor, saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan singkat.

Ia menuturkan, pihaknya melakukan salat jumat di masjid dengan syarat protokol dan sesuai standard operational procedure (SOP). Hal ini juga sesuai dengan imbauan MUI Jatim. 

Tampak dari foto pelaksanaan salat jumat di Masjid Al Akbar Surabaya, masjid tampak tak memakai karpet. Namun, lantai tersebut sudah dibersikan Selain itu, para jamaah juga dibagikan masker.

 

Masjid Al Akbar juga membatasi pintu akses masuk masjid dari 45 pintu menjadi tiga pintu antara lain nomor 3, 23 dan 43. Di pintu tersebut dipasang thermal scanner.

Jamaah pun melakukan wudhu dan menggunakan hand sanitizer yang telah disediakan. Selain itu, jamaah mengikuti prosedur pengecekan suhu tubuh oleh petugas dengan alat thermal scanner.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Protokol

Jika jamaah memiliki suhu badan di bawah atau sama dengan 38 derajat celsius diperbolehkan untuk masuk ke dalam masjid. Apa bila suhu tubuh di atas 38 derajat celsius ditunggu sampai lima menit untuk dilakukan pengecekan ulang.

Kemudian setelah dilakukan pengecekan ulang dan memiliki suhu badan di bawah atau sama dengan 38 derajat celsius, diperbolehkan untuk masuk ke dalam masjid. Akan tetapi, kalau hasilnya tetap sama dianjurkan untuk pulang dan melakukan cek kesehatan di fasilitas kesehatan dan dokter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.