Sukses

Surabaya Zona Merah Covid-19, Ini 6 Perjuangan Petugas Semprot Desinfektan

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa menyebut dua kota dalam status zona merah covid-19. Kedua kota di Jawa Timur berstatus zona merah itu adalah Surabaya dan Malang Raya. Selain Surabaya dan Malang Raya, sejumlah daerah yang telah terdapat orang berstatus PDP (Pasien Dalam Pengawasan) ditentukan dalam wilayah berkategori zona kuning. 

Hal tersebut membuat Surabaya berupaya membuat aksi untuk menanggulangi serta menekan angka warga yang terinfeksi. Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, melakukan berbagai langkah untuk menghadapi virus corona covid-19. Salah satunya dengan melakukan penyemprotan desinfektan ke beberapa titik.

Sebelumnya, setelah ada warga Surabaya yang terjangkit virus Covid-19 ini, Pemkot Surabaya langsung bergerak cepat untuk penyemprotan desinfektan di sudut-sudut kota Surabaya. Bahkan kegiatan tersebut diikuti langsung oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini.

"Guna penyemprotan disinfektan lebih masif di seluruh wilayah, tim penyemprotan dibagi dua. Tim pertama, yaitu merupakan tim gabungan dari DKPP, DKRTH, Linmas, Satpol PP dan Dinkes. Tidak lupa ketinggalan teman - teman Damkar yang turut menyemprot jalan, pedestrian hingga lapangan parkir." tulis unggahan di Facebook milik Bangga Surabaya @HumasPemkotSurabaya pada Jumat (20/3/2020).

Berikut ini 6 potret kegiatan penyemprotan desinfektan untuk lawan covid-19 di beberapa titik di Surabaya yang juga diikuti oleh Tri Rismaharini oleh Liputan6.com, Sabtu (21/3/2020).

2 dari 7 halaman

1. Aksi penyemprotan merupakan perintah langsung yang diinstruksikan dari Tri Rismaharini selaku Walikota Surabaya.

3 dari 7 halaman

2. Tampak pasukan dinas terkait siap untuk melakukan penyemprotan guna meminimalisir angka kasus Corona di Surabaya.

4 dari 7 halaman

3. Pemkot Surabaya memiliki 300 alat semprot baru dan dibagikan untuk seluruh kecamatan yang ada di Surabaya.

5 dari 7 halaman

4. Beberapa titik lokasi penyemprotan salah satunya adalah pasar yang kerap menjadi tempat berkerumunnya warga.

6 dari 7 halaman

5. Total titik yang sudah disemprot sebanyak 1.003 titik. Sedangkan, jumlah total pelaksanaan 5 hari penyemprotan sudah 2.131 titik.

7 dari 7 halaman

6. Ada tim yang juga bertugas menyemprotkan desinfektan ke perkampungan warga dan rumah ibadah.