Sukses

Petinggi ITS Dinyatakan Negatif Corona COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Para pimpinan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dinyatakan negatif virus corona baru COVID-19 usai menjalani rangkaian tes kesehatan.

Rektor ITS Prof Mochamad Ashari mengatakan tes itu dilakukan setelah pihaknya kunjungan dari Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Belanda, diketahui sebelumnya berinteraksi dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang dinyatakan positif terpapar COVID-19, Surabaya, Sabtu, 21 Maret 2020.

"Dari hasil pemeriksaan PCR COVID-19 di Rumah Sakit Universitas Airlangga menunjukkan bahwa pimpinan ITS dinyatakan negatif COVID-19. Dari pihak Menteri Belanda juga menyatakan mereka dalam kondisi sehat," kata dia.

Ashari menyatakan, tes itu dilakukan selain untuk meyakinkan kesehatan, juga untuk meniadakan kekhawatiran segenap mahasiswa beserta orangtuanya yang hadir pada penyelenggaran wisuda hari pertama, Sabtu, 14 Maret 2020, dilansir dari Antara.

Berkaitan dengan penyelenggaran wisuda ke-121, ramai menjadi sorotan di kalangan sivitas akademika terkait dengan ditundanya wisuda di hari kedua. Ashari menuturkan, dipilihnya langkah tersebut bukan tanpa alasan.

"Hal ini kami lakukan sebagai langkah pencegahan dan untuk memastikan semua wisudawan beserta kerabat tetap sehat selama hasil pemeriksaan kami belum keluar," ujarnya di Surabaya.

 

2 dari 4 halaman

Langkah Preventif

Lebih lanjut, dalam rangka antisipasi merebaknya wabah COVID-19 ini, Ashari menegaskan, ITS telah melakukan sejumlah langkah preventif.

Pada prosesi wisuda hari pertama juga telah mengikuti protokol pencegahan, yaitu dengan tidak bersalaman dan disediakannya cairan antiseptik pembersih tangan.

"Untuk itu, kami bisa pastikan dari pihak pimpinan yang hadir dalam prosesi wisuda dalam keadaan sehat karena tidak merasakan sedikit pun gejala," ucapnya.

Guru besar Teknik Elektro tersebut menambahkan, dengan validasi hasil pemeriksaan COVID-19 yang diterima, segenap pimpinan ITS beserta kerabat menyikapinya dengan sejumlah langkah pencegahan.

 

3 dari 4 halaman

Surat Edaran Rektor

Anshari melanjutkan, dengan melakukan social distancing, menjaga kesehatan tubuh dengan pola hidup sehat, serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan kami.

Menindaklanjuti upaya preventif wabah COVID-19, dengan dikeluarkannya surat edaran rektor nomor T/21018/IT2/TU.00.08/2020, pada tanggal 16 Maret hingga 27 Maret 2020 dilakukan tindakan sterilisasi di seluruh area kampus ITS.

Mengacu pada hal ini, seluruh kegiatan di lingkungan ITS dinyatakan nonaktif termasuk diliburkannya perkuliahan mulai 16 Maret sampai dengan 20 Maret 2020. Selanjutnya, kegiatan perkuliahan akan dimulai kembali pada 23 Maret dengan menggunakan metode daring.

Selama masa sterilisasi tersebut, diberlakukan pula sistem work from home (bekerja dari rumah) bagi jajaran pimpinan beserta seluruh pegawai lingkungan ITS.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini