Sukses

Pemprov Jawa Timur Minta Tempat Wisata Tutup Sementara, Ini Alasannya

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengajak seluruh pihak menjaga kesehatan dan mencegah pola penyebaran Corona COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menuturkan pengelola tempat wisata di wilayah setempat untuk tutup sementara. Ini sebagai salah satu upaya pencegahan terhadap penyebaran virus corona baru yang memicu COVID-19.

"Saya ingin menyampaikan bahwa seluruh tempat wisata di Jatim, mohon segera ditutup," tutur Khofifah, seperti dikutip dar Antara, Minggu (22/3/2020).

Ia menuturkan, tempat wisata menjadi salah satu lokasi berkumpulnya masyarakat sehingga dikhawatirkan muncul risiko-risiko penyebaran COVID-19. Selain itu, orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut mengimbau tempat hiburan malam dan rumah karaoke yang masih beroperasi untuk ditutup sementara.

"Mari bersama-sama menjaga kesehatan dan mencegah penyebaran COVID-19 yang setiap hari semakin bertambah jumlah pasiennya. Biasakan melakukan pola hidup bersih dan sehat serta jangan keluar rumah," ucap Khofifah.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur Sinarta menyampaikan pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten dan kota, khususnya Dinas Pariwisata, untuk menindaklanjuti dengan menutup operasionalnya sementara.

"Kami selalu berkoordinasi dan sudah mendapat laporan bahwa tempat-tempat wisata ditutup. Sebab, berpotensi mendatangkan orang banyak," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejumlah Tempat Wisata Sudah Tutup

Sementara itu, pemilik tempat wisata @Ngopibareng Pintu Langit, Saifullah Yusuf, mengaku telah menutup destinasi yang berada di kawasan Ledug, Kabupaten Pasuruan tersebut.

"Kami sudah menutup sementara destinasi foto di pintu langit. Semoga semua selalu sehat dan Indonesia segera pulih kembali tanpa COVID-19," kata Gus Ipul, sapaan akrabnya.

Sedangkan, pantauan ANTARA di beberapa lokasi wisata di Surabaya juga telah tutup, seperti Taman Hiburan Pantai Kenjeran maupun Kebun Binatang.

Di THP Kenjeran, dua pintu masuk pengunjung, sisi selatan maupun utara, juga terpantau telah ditutup untuk umum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.