Sukses

VIDEO: Wali Kota Risma Terjun Langsung Awasi Penyemprotan Disinfektan

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menangkal penyebaran COVID-19 di Surabaya, Pemkot Surabaya bekerja sama dengan asosiasi drone melakukan penyemprotan disinfektan dari udara melalui drone raksasa. Penyemprotan melalui udara dilakukan di jalan raya pusat kota dan perkampungan padat penduduk di Surabaya.

Senin pagi, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) mengajak warga Surabaya menyemprot disinfektan di tepi Jalan Raya Embong Malang Surabaya.

Penyemprotan kali ini tidak seperti biasanya, karena menggunakan teknologi drone, bekerja sama dengan asosiasi drone di Surabaya. Yang digunakan adalah drone raksasa dengan 6 baling-baling dengan panjang bentang sayap 2 meter.

Drone ini mampu terbang hingga ketinggian 4 meter lebih sambil membawa cairan disinfektan yang disemprotkan dari udara. Teknologi drone yang digunakan ini baru pertama kali dilihat oleh warga, sehingga membuat antusias warga untuk melihat.

Selain di tepi Jalan Raya Embong Malang, penyemprotan menggunakan drone juga dilakukan di kampung padat penduduk di perkampungan Kebangsren Surabaya.

Di perkampungan ini, Risma melakukan blusukan dan meminta warga untuk membuka setiap rumah agar cairan disinfektan yang disemprotkan dapat menjangkau ke dalam rumah-rumah warga.

Penyemprotan dari darat juga dilakukan melalui Tim Odong-odong dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya langsung ke rumah-rumah warga. Berikut videonya pada Liputan6, 24 Maret 2020.

Risma menyatakan, penyemprotan melalui udara menggunakan drone maupun penyemprotan di darat akan terus dilakukan ke seluruh penjuru Kota Surabaya. Sampai pemerintah pusat menyatakan Indonesia aman dari penyebaran virus corona baru.