Sukses

VIDEO: Volume Pemudik dari Bali ke Jawa Saat Hari Raya Nyepi Turun

Liputan6.com, Jakarta - Jelang Hari Raya Nyepi, jumlah pemudik dari Pulau Bali di Pelabuhan ASDP Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur turun hingga 70 persen dibanding tahun lalu.

Hal ini sebagai dampak mewabahnya virus corona baru dan terkait imbauan social distancing atau pembatasan keluar rumah. Kepadatan hanya terpantau pada kendaraan roda dua (R2). Berikut video liputannya pada Fokus, 25 Maret 202.

Dampak virus Covid-19 serta imbauan pemerintah terkait social distancing, atau pembatasan keluar rumah berimbas pada jumlah pemudik Nyepi di Pelabuhan ASDP Ketapang, Banyuwangi, Selasa pagi.

Data pihak ASDP Ketapang dibandingkan tahun lalu, jumlah penumpang mobil pariwisata atau kendaraan pribadi dari Pelabuhan Gilimanuk, Bali menuju Pelabuhan Ketapang, menurun hingga 70 persen.

Hanya tampak dominasi kendaraan roda dua yang turun dari kapal. Kendaraan yang menuju Pulau Bali juga tampak sepi. Pintu masuk di loket ASDP Ketapang tampak lengang, dan hanya beberapa kendaraan menuju Pulau Bali.

Sementara itu, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona saat kedatangan penumpang dari Pulau Bali, petugas gabungan melakukan pengecekan suhu tubuh penumpang saat turun kapal.

Pihak pengelola kapal juga melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan kapal. Mulai dari tangga, tempat duduk penumpang, hingga toilet dalam kapal. Seluruh penumpang juga diwajibkan untuk mencuci tangan serta menggunakan hand sanitizer sebelum masuk ke dalam kapal.

“Kasus corona ini low factor rata-rata per kapal bisa mencapai 60-70 persen dan saat ini turun drastis hingga 40 persen,” kata Sunaryo, Pengelola Kapal.

Penutupan Pelabuhan ASDP Ketapang, Banyuwangi dilakukan pada Selasa, 24 Maret, pukul 11 malam. Kemudian akan dibuka kembali pada hari Kamis, 26 Maret 2020, pukul 5 pagi.