Sukses

VIDEO: Antisipasi Corona Covid-19, Warga Swadaya Dirikan Posko

Liputan6.com, Jakarta - Warga di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, membuat posko corona secara swadaya mandiri. Posko tersebut didirikan atas inisiatif warga, sebagai upaya pencegahan penularan virus Sars-CoV-2 yang memicu COVID-19.

Posko tersebut juga sebagai wahana edukasi bagi warga untuk pembuatan hand sanitizer dari bahan herbal atau alami dari lingkungan, karena hand sanitizer saat ini langka di pasaran.

Puluhan warga Desa Bejagung Kidul, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, tampak berkumpul di sebuah posko yang baru mereka dirikan. Posko corona ini didirikan atas inisiatif warga sendiri, sebagai bentuk kesadaran untuk melawan COVID-19, agar tidak menyebar di desanya. Di dalam posko corona ini juga ada selebaran dan papan pengumuman yang berisi terkait penyebaran virus corona dan pencegahannya.

Selain itu, posko juga merupakan wahana edukasi bagi warga terkait pencegahan Covid-19. Sejumlah ibu PKK dan ibu perangkat desa memberikan simulasi pembuatan hand sanitizer atau pembersih tangan yang dibuat dari bahan alami.

Seperti dari tanaman lidah buaya, lemon dan daun sirih. Karena hand sanitizer kini langka di pasaran, maka warga membuat secara swadaya dengan bahan herbal. Warga juga rutin melakukan penyemprotan disinfektan yang bahannya juga dibuat sendiri oleh warga.

“Keinginan dari warga untuk cegah virus corona di lingkungan masing-masing,” kata Aan Sutan, Kepala Desa Bejagung.

Pendirian posko corona secara swadaya oleh warga ini mendapat apresiasi dari dokter Rumah Sakit Umum Daerah Tuban, karena posko pertama di tingkat desa ini merupakan bentuk upaya warga untuk mencegah masuknya corona di lingkungan desa. Berikut diberitakan pada Fokus, 26 Maret 2020.