Sukses

VIDEO: RSUD dr Koesma Tuban Kehilangan Puluhan Botol Hand Sanitizer

Liputan6.com, Jakarta - Pencurian hand sanitizer terjadi di RSUD dr Koesma, Kabupaten Tuban. Rumah sakit milik Pemda itu kehilangan puluhan botol cairan antiseptik yang disediakan untuk pengunjung serta keluarga pasien. Bahkan, aksi itu kerap dilakukan saat jam pelayanan.

Pemandangan berbeda terlihat di lorong Ruang Perawatan RSUD dr Koesma, Kabupaten Tuban. Tembok yang biasanya berhias botol hand sanitizer, kosong, hanya meninggalkan besi pengaitnya.

Sejak sepekan terakhir, rumah sakit milik Pemerintah Daerah ini telah kehilangan puluhan botol hand sanitizer. Padahal cairan antiseptik itu digunakan sebagai upaya mencegah penularan Covid-19 yang disediakan untuk pengunjung serta keluarga pasien.

Berdasarkan keterangan saksi mata, pelaku membawa botol kosong dari rumah, dan masuk rumah sakit dengan berpura-pura sebagai pengunjung atau keluarga pasien. Saat situasi kondusif, pelaku memindahkan hand sanitizer ke dalam botol miliknya, namun ada juga yang mengambil beserta botolnya.

Sulitnya mendapat hand sanitizer di pasaran, diduga memaksa masyarakat melakukan pencurian. Mengantisipasi aksi itu berlanjut, kini pihak rumah sakit menyediakan hand sanitizer di ruang petugas. Pengunjung yang membutuhkan dapat meminta kepada petugas. Berikut video pemberitaannya pada Fokus, 26 

Pihak rumah sakit tidak melaporkan pencurian hand sanitizer ini kepada aparat Kepolisian, agar tidak menambah kepanikan di masyarakat. Beberapa pelaku yang dipergoki hanya diberi teguran, agar tidak mengulangi perbuatan serupa.