Sukses

Update Corona Covid di Jatim: Zona Hijau Tinggal Dua Kabupaten

Liputan6.com, Surabaya - Zona merah Corona Covid-19 di Jawa Timur (Jatim) bertambah. Sebelumnya Kediri dan Gresik juga termasuk daerah terjangkit. Kini hanya dua daerah yang berkategori zona hijau, yaitu Kabupaten Sampang dan Sumenep. 

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, empat kabupaten tersebut sebelumnya zona hijau, tapi langsung berganti jadi zona merah pada Jumat, 27 Maret 2020 terkait corona COVID-19.

"Sangat mungkin tidak melalui orange atau kuning ya, tetapi dari hijau langsung merah. Yang hijau langsung merah adalah Situbondo kemudian tambahan merah lagi adalah Jember, tambahan merah lagi adalah Lumajang, tambahan merah lagi adalah Batu Malang," kata Khofifah di gedung Grahadi. Jumat malam (27/3/2020). 

Dengan tambahan zona merah di empat kabupaten, Khofifah mengingatkan masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan agar tidak terjangkit Corona Covid-19. Seperti tidak keluar rumah, sering mencuci tangan menggunakan hand sanitizer atau sabun dengan air mengalir serta menerapkan physical distancing, serta memakai masker.

"Mengikuti berbagai hal yang memang selama ini dianjurkan berkali-kali tinggal di rumah, jangan keluar kecuali ada hal-hal yang sangat urgent," tegas Khofifah.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pasien Positif COVID-19 Bertambah di Jawa Timur

Dalam konferensi pers hari ini, mantan Mensos tersebut juga menyampaikan perkembangan terkini pasien positif Covid-19 bertambah 7 menjadi 66 orang.

"Tambahan dari yang positif adalah 7 orang kemarin 59 sekarang 66. Kemudian yang PDP (Pasien Dalam Pengawasan) sekarang menjadi 267 orang, dan yang ODP (Orang Dalam Pemantauan) menjadi 3781, kemarin ODPnya adalah 3.055," ucap Khofifah.

Khofifah juga menyampaikan, Pemprov Jatim juga mengapresiasi kepada rumah sakit yang telah bergabung menjadi RS rujukan Covid-19.

"Sekarang rumah sakit rujukan bertambah dari 65 kemarin, tambah 8. Jadi ada 73 rumah sakit rujukan untuk pasien Covid-19," lanjutnya.

Dari 73 rumah sakit rujukan tersebut, ada 1.282 bed yang disediakan untuk penanganan Covid-19, termasuk tambahan bed untuk observasi.

"Tapi jika ditambah dengan ruang observasi jadi 2232, total bed baik yang dengan negatif pressure dengan ventilator atau non ventilator 645, tapi penambahan bed di rumah sakit ini 637 jadi total 1282. Kalau ditambah dengan bed untuk observasi menjadi 2.232," sambung Khofifah.

Hingga hari ini, jumlah pasien positif Covid-19 yang telah dikonversi negatif ada satu orang di Kediri, dan satu meninggal juga dari kabupaten yang sama.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini