Sukses

5 Minuman Es Khas Jawa Timur yang Menyegarkan, Bikin Nagih

Liputan6.com, Jakarta Jawa Timur punya ragam kuliner yang selalu memanjakan lidah. Tak cuma makanan, minuman tradisional pun jadi daya tarik tersendiri bagi kuliner Jawa Timur. Minuman tradisional seperti pokak, angsle, atau STMJ sudah terkenal keberadaannya.

Kebanyakan minuman tradisional ini merupakan wedang atau minuman hangat. Namun, ada juga minuman es khas Jawa Timur yang tak kalah menyegarkan. Minuman es ini sudah menjadi minuman yang tak asing lagi di Jawa Timur.

Tak hanya menyegarkan, minuman es ini juga bisa menyehatkan tubuh. Minuman-minuman ini berasal dari daerah-daerah di Jawa Timur seperti Malang, Blitar, Kediri hingga Surabaya.

Mencari minuman es ini pun tak sulit. Banyak penjual minuman es khas Jawa Timur ini tersebar di sepanjang jalan. Berikut 5 minuman es khas Jawa Timur, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (28/3/2020).

2 dari 6 halaman

Es Sinom

Es Sinom merupakan minuman khas Surabaya. Minuman ini sebenarnya merupakan jamu yang terbuat dari campuran air, asam Jawa, daun asam muda alias sinom, gula asli dan juga kunyit. Sinom bisa disajikan hangat maupun dingin bersama es batu.

Es sinom sangat cocok diminum untuk melegakan dahaga. Rasanya yang manis, asam dan segar menambah kenikmatan tersendiri. Tak cuma menyegarkan, es sinom juga bermanfaat bagi kesehatan. Minuman ini bisa melancarkan peredaran darah, mengurangi nyeri saat haid, melangsingkan tubuh, dan baik untuk kekebalan tubuh.

3 dari 6 halaman

Es Gudir

Minuman es khas Jawa Timur selanjutnya adalah es gudir. Dalam bahasa Jawa, gudir berarti agar-agar. Minuman ini cukup sederhana di mana agar-agar dipotong kecil dan dicampur dengan air sirup atau gula aren dan disajikan bersama es batu.

Es gudir juga bisa disajikan bersama santan untuk menambah rasa gurih yang nikmat. Es gudir paling nikmat dikonsumsi pada siang hari di cuaca yang panas.

4 dari 6 halaman

Es Buto Ijo

Es Buto Ijo mungkin sering ditemukan di banyak daerah. Namun, es ini ternyata berasal dari Jawa Timur. Es Buto Ijo merupakan sajian manis yang berasal dari Kediri. Es ini juga banyak ditemui di Malang, Surabaya, dan daerah lainnya.

Es Buto Ijo terbuat dari campuran serutan kelapa muda, selasih, mutiara, rumput laut, kolang-kaling, dan kacang hijau. Isian ini kemudian ditambahkan sirup melon, susu kental manis, dan es serut.

5 dari 6 halaman

Dawet ayu rumput laut

Es khas Jawa Timur yang cocok untuk melepas dahaga lainnya adalah dawet ayu rumput laut. Dawet mungkin sudah menjadi minuman tradisional, khususnya di Pulau Jawa. Di Kediri, Anda bisa menemukan dawet ayu rumput laut.

Rumput laut yang direndam selama 30- 60 menit, direbus sampai mengental. Larutan rumput laut yang telah dingin dituang melalui corong di atas es batu, kemudian ditambahkan sirup gula jawa, santan, dan dawet.

6 dari 6 halaman

Es Pleret

Es Pleret merupakan minuman khas Blitar, Jawa Timur. Nama pleret didapat dari cara pembuatannya. Pleret terbuat dari tepung beras dan tepung kanji yang dibulatkan dan kemudian dipleret atau ditekan di papan bambu.

Pleret biasa disajikan bersama santan, gula merah dan es batu. Es ini memiliki cita rasa gurih, manis dan menyegarkan.