Sukses

Aprindo Jatim Pastikan Stok Bahan Pokok Aman

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Perusahaan Ritel Indonesia (Aprindo) wilayah Timur memastikan seluruh bahan pokok yang diperlukan masyarakat di beberapa toko ritel masih cukup menghadapi pandemi COVID-19. Namun, hanya ada beberapa komoditas yang agak sulit, seperti gula.

"Aprindo saat ini bekerja sama dengan Perum Bulog untuk menyediakan gula tersebut, dengan harga eceran tertinggi, yaitu sebesar Rp12.500 per kilogram. Di Jawa Timur, pendistribusian gula ini telah dilaksanakan di Surabaya, Sidoarjo dan Kediri," kata Staf Ahli Dewan Pimpinan Pusat (Aprindo), Abraham Ibnu di Surabaya, Sabtu, (28/3/2020), seperti dikutip dari Antara.

Program kerja sama itu akan terus dilanjutkan di sejumlah kota di Jatim agar masyarakat bisa terbantu. Oleh karena itu, Aprindo mengimbau agar masyarakat belanja sewajarnya, sesuai kebutuhan agar tidak terjadi aksi borong.

"Stok aman dan tidak ada yang kosong. Jadi belanja yang sewajarnya agar tidak terjadi aksi borong," kata Ibnu, kepada wartawan.

Aprindo juga mengimbau agar masyarakat atau pembeli tetap berada di rumah, dan memanfaatkan layanan daring dari pihak outlet ritel. Hal ini sebab hampir seluruh ritel anggota Aprindo telah memiliki layanan tersebut, misalnya Indomaret dan Alfamart.

"Manfaatkan fasilitas belanja daring melalui jasa pengantaran. Ini untuk menghindari transaksi dengan tatap muka, karena rerata saat ini konsumen tinggal telepon saja nanti toko yang akan mengecek dan mengirim," katanya.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bulog Jatim Minta Masyarakat Manfaatkan Layanan Daring

Sebelumnya, Perum Bulog Wilayah Jawa Timur juga minta masyarakat memanfaatkan layanan daring, tujuannya meminimalisasi bertemunya penjual dan pembeli dalam mengantisipasi merebaknya virus corona atau COVID-19.

Kepala Perum Bulog Wilayah Jatim Khozin mengatakan, layanan daring Perum Bulog Jatim saat ini sementara hanya melayani pembelian wilayah Sidoarjo dan Surabaya dengan jarak terjauh pengiriman maksimal 40 kilometer.

"Sudah kami luncurkan layanan daring sejak dua bulan yang lalu di tujuh cabang di Indonesia, tetapi di Surabaya masih belum maksimal hanya ada transaksi sekitar Rp3 miliar setiap hari," tuturnya.

Layanan daring itu, bekerja sama dengan Shopee dan JNE melalui informasi dan akses ipanganan.com.

Dalam aplikasi itu, kata dia, tersedia kebutuhan sehari-hari seperti beras premium dan medium sebanyak 17 jenis serta beberapa kebutuhan bahan pokok lainnya.

"Kami ingin mendukung pemerintah untuk memenuhi pasokan bahan pangan, dan ke depan akan terus dikembangkan untuk beberapa wilayah lain seperti Tulungagung dan Jember, sehingga merata," kata dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini