Sukses

Pemuda di Sidoarjo Bagikan Sembako di Tengah Corona COVID-19

Selain Pemuda Muhammadiyah, elemen yang tergabung dalam AMM Sidoarjo adalah Nasyiatul Aisyiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Hizbul Wathan, dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IMM).

Liputan6.com, Jakarta - Gabungan organisasi otonom Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) dan Aisyiyah Sidoarjo, Jawa Timur, membagikan sedekah bahan pokok kepada masyarakat kurang mampu sebagai upaya menolak bala atas musibah wabah COVID-19.

Ketua Pemuda Muhammadiyah Sidoarjo, Jawa Timur Yudi Prianto mengatakan, pilihan untuk membagikan bahan pokok itu dilakukan atas kebijakan terkait pembatasan jarak sosial yang akhirnya juga berdampak pada sektor ekonomi masyarakat, Sabtu, 28 Maret 2020.

"Kami yakin sedekah adalah salah satu cara untuk menolak bala atau musibah sebagaimana diajarkan dalam Islam," katanya.

Ia mengatakan melalui sedekah bahan pokok tersebut, kedua elemen strategis Muhammadiyah itu berupaya ikut meredakan kegalauan masyarakat menghadapi pandemi COVID-19. "Semoga pandemi COVID-19 ini bisa segera berakhir," ujarnya, dilansir dari Antara.

Selain Pemuda Muhammadiyah, elemen yang tergabung dalam AMM Sidoarjo adalah Nasyiatul Aisyiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Hizbul Wathan, dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IMM).

"Kami bersinergi dan berupaya memusatkan seluruh energi yang dimiliki untuk ikut mengatasi dampak dari pandemi COVID-19 ini," katanya.

Sementara itu, Ketua PD Aisyiyah Sidoarjo Siti Zubaidah menjelaskan bagi-bagi bahan pokok adalah rangkaian dari berbagai aksi melawan COVID-19.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meringankan Beban Terdampak

Sebelumnya, kata dia, upaya pencegahan telah dilakukan dengan melakukan penyemprotan disinfektan dan pembagian cairan pembersih tangan.

"Kami masih terus mengumpulkan bantuan bahan pokok untuk dibagi-bagi. Pada tahap awal ini, sudah ada 200 paket sembako dan 750 botol cairan pembersih tangan yang kami bagikan," ucapnya.

Untuk menghindari kerumunan warga, ujar dia, pembagian bahan pokok diantar langsung ke penerima, di antaranya ialah pengemudi ojek daring, tukang becak, juru parkir, dan warga tidak mampu yang ada di sepanjang Jalan Raya Sidoarjo-Malang.

"Mereka kelompok masyarakat yang terdampak langsung dengan pembatasan sosial ini. Semoga bantuan ini dapat sedikit meringankan beban mereka," katanya.

Agus, salah satu pengemudi ojek daring yang mendapat paket bahan pokok tersebut mengaku senang karena dengan adanya wabah COVID-19 pendapatan menurun drastis.

"Saya dari pagi standby sampai siang baru dapat satu tarikan. Susah sekali sekarang. Mudah-mudahan wabah ini cepat selesai," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.