Sukses

VIDEO: Masjid Gelar Salat Jumat Berjamaah Ikuti Protokol Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu masjid yang mengadakan salat Jumat berjamaah adalah Masjid Agung Baitul Mukminin, Jombang, Jawa Timur. Sebelum salat dimulai, petugas masjid meminta para jamaah mengatur jarak 1 meter, dengan jamaah yang lain.

Upaya pengaturan jarak ini, untuk mencegah penyebaran virus corona baru (Sars-CoV-2) yang memicu COVID-19 yang marak belakangan ini. Tak hanya itu, seluruh jamaah masjid juga diwajibkan mencuci tangan dengan menggunakan sabun.

Mereka juga wajib menggunakan hand sanitizer yang sudah disiapkan di pintu masjid. Sebelum jamaah salat Jumat masuk dilaksanakan petugas sudah menyemprotkan cairan disinfektan ke setiap sudut masjid. Berikut dilansir pada Liputan6, 28 Maret 2020.

Sementara itu, sebagian besar masjid di Tasikmalaya, Jawa Barat, tidak mengadakan salat Jumat berjamaah. Salah satunya adalah Masjid Fastabiqul Khoirot, dimana petugas masjid ini sudah memasang pengumuman, tidak ada salat Jumat berjamaah di pintu masjid.

Meski demikian, jemaah tetap berdatangan, sehingga pengurus masjid mengadakan salat Dzuhur berjamaah. Dengan memberikan jarak 1 meter pada jamaah yang hadir. Sebelumnya pengurus mengimbau jamaah untuk beribadah di rumah untuk mencegah penyebaran virus corona.