Sukses

Pasang Wastafel Portabel, Risma Imbau Warga Surabaya Cuci Tangan dan Muka

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) menyampaikan salah satu cara melawan virus corona baru (Sars-CoV-2) yang sebabkan COVID-19 dengan mencuci tangan. Namun, menurut Risma, cuci tangan saja belum cukup untuk membersihkan virus tetapi juga harus diikuti dengan cuci muka.

Hal tersebut disampaikan Risma usai  acara penyerahan secara simbolik bantuan berupa sabun cair Nuvo sebanyak 700 liter dan wastafel portabel yang diserahkan langsung oleh Rebecca Tanoyo selaku Direktur PT Wings Surya di Balai Kota Surabaya, Selasa (31/3/2020).

"Kami akan ganti sabun cair di seluruh wastafel portabel yang biasanya digunakan untuk cuci tangan. Dengan sabun cair yang baru ini, warga Surabaya juga bisa cuci muka," tutur Wali Kota Risma.

Risma mengatakan, walaupun kulit agak kering setelah menggunakan sabun ini tapi yang terpenting bersih dan terbebas dari COVID-19.

"Lebih baik mencegah dari pada mengobati, karena rumah sakit dan petugas medis kita sudah kewalahan menangani pasien yang sakit," kata dia.

Risma menuturkan, sabun dan hand sanitizer juga merupakan disinfektan. Bilik disinfektan yang sudah disediakan oleh Pemkot Surabaya, cairannya sudah aman.

"Kita sudah konsultasi dengan Departemen Farmasi Universitas Airlangga, guru besar Bu Ratna kepala departemennya, beliau menyampaikan cairan disinfektan kita aman," ucapnya.

Risma mengaku membaca artikel Vietnam berhasil mencegah penyebaran COVID-19 salah satunya dengan menggunakan  bilik disinfektan ini. Mengingat virus Sars-CoV-2 ini juga senang menempel di logam dan juga tidak hanya di tangan.

"Jadi menurut analisa saya, kalau cuci tangan saja tidak cukup karena jika virus ini justru menempel di sabuk dan kancing baju yang terbuat dari logam maka akan bisa jadi berbahaya. Dan kenapa saya minta sabun ini karena saya berharap mukanya juga bisa dicuci dengan sabun dan diusapkan ke rambut hingga ke telinga, menurut saya seperti itu," ujar Risma.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat

Sementara itu, Direktur PT Wings Surya Rebecca Tanoyo menyampaikan, langkah yang dilakukan ini sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap kebersihan dan kesehatan masyarakat Kota Surabaya dalam mencegah penyebaran COVID-19.

"Dengan adanya sabun cair Nuvo dan wastafel portable ini, kami mengajak masyarakat Kota Surabaya untuk tetap menerapkan pola hidup bersih, salah satunya dengan rajin mencuci tangan dan wajauh atau muka dengan sabun," ujar dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini