Sukses

10 Oleh-Oleh Khas Banyuwangi yang Terkenal, Makanan Enak dan Murah

Oleh-oleh khas Banyuwangi ini berupa jajanan enak dan murah.

Liputan6.com, Jakarta Oleh-oleh khas Banyuwangi yang terkenal merupakan makanan enak dan tidak menguras kantong. Selain terkenal dengan wisata alam dan kulinernya yang sangat menakjubkan, kamu tentunya harus membawa oleh-oleh saat berniat pulang dari Banyuwangi.

Banyuwangi memiliki berbagai macam oleh-oleh berupa makanan yang sangat unik dan tentunya enak di lidah. Makanan-makanan yang berupa dijadikan camilan ini dapat dijadikan bukti bahwa kamu sudah menginjakkan kaki di kabupaten yang dijuluki The Sunrise of Java ini.

Oleh-oleh khas Banyuwangi ini berupa jajanan enak dan murah. Kamu bisa menemukan oleh-oleh ini dengan mudah. Selain itu, berbagai makanan khas tersebut dijamin dapat memanjakan lidah kamu dan tidak menguras isi dompetmu.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang oleh-oleh khas Banyuwangi makanan dari berbagai sumber, Selasa (31/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Ladrang Sabrang dan Bagiak

Ladrang Sabrang

Ladrang Sabrang merupakan oleh-oleh khas Banyuwangi yang terbuat dari ubi ungu yang memiliki tekstur rasa renyah. Selain enak dijadikan camilan, jajanan ini juga dipercaya dapat mengobati beberapa jenis penyakit.

Mengonsumsinya secara teratur dapat mengobati beberapa penyakit seperti obesitas, kanker, dan diabetes. Selain itu, camilan ini juga mengandung kolin, beta karoten, dan serat yang cocok dijadikan sebagai menu diet.

Bagiak

Oleh-oleh khas Banyuwangi selanjutnya yang wajib dibawa pulang adalah Bagiak. Makanan ini terbuat dari tepung sagu yang diolah dengan cara khusus dan disajikan dalam berbagai varian rasa, seperti durian, vanilla, pandan, mocca, nangka, keju, kacang, dan jahe.

Tekstur bagiak sangat lembut. Jadi enggak heran kalau bagiak banyak peminatnya, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kue ini pas dijadikan sebagai oleh-oleh, karena bisa bertahan lama hingga tiga bulan tanpa terpapar sinar matahari secara langsung.

3 dari 6 halaman

Untir-untir dan Tape Buntut

Untir-untir

Oleh-oleh khas Banyuwangi berupa makanan lainnya yang bisa kamu bawa pulang adalah untir-untir. Makanan kering ini memiliki rasa yang renyah. Camilan berbahan dasar tepung terigu ini memiliki bentuk menyerupai obeng berulir.

Dalam bahasa Jawa, berulir disebut dengan untir-untir. Inilah yang menjadikan makanan ini dinamakan untir-untir. Camilan ini cocok buat kamu jadikan sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Banyuwangi.

Tape Buntut

Tape buntut dari Banyuwangi berbeda dengan jenis sajian tape lainnya. Hal ini dikarenakan tape buntut dibungkus dengan menggunakan daun jati yang dibentuk menyerupai buntut atau ekor.

Oleh-oleh khas Banyuwangi satu ini merupakan salah satu makanan kahas suku Osing asli Banyuwangi yang wajib kamu coba.

4 dari 6 halaman

Sale Pisang dan Kelembem

Sale Pisang

Makanan ini memang sangat mudah ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Namun, ada yang membedakan sajian sale pisang di Banyuwangi dengan yang lainnya. Sale pisang di Banyuwangi digadang-gadang lebih enak daripada sale pisang yang ada di daerah lain.

Hal ini dikarenakan sale pisang khas Banyuwangi memiliki perpaduan rasa manis dan gurih yang membuat para penikmatnya ketagihan. Karena mengalami proses pengeringan yang cukup lama, maka membuat sajian sale pisang ini semakin gurih dan enak rasanya.

Makin nikmat lagi karena, sale pisang disajikan dalam berbagai varian. Misalnya pisang sale goreng, pisang sale basah, dan pisang sale yang digulung.

Kelemben

Oleh-oleh khas Banyuwangi berupa makanan selanjutnya yang bisa dibawa pulang adalah kelemben. Kue ini berbahan dasar tepung terigu yang dicampur dengan gula dan telur serta dibentuk layaknya kura-kura. Kue ini cocok dijadikan oleh-oleh karena bisa bertahan cukup lama.

5 dari 6 halaman

Kerupuk Rumput Laut dan Pia Glenmore

Kerupuk Rumput Laut

Kerupuk rumput laut merupakan salah satu oleh-oleh khas Banyuwangi dengan cita rasa yang unik. Berbeda dengan kerupuk pada umumnya, oleh-oleh khas Banyuwangi ini menggunakan bahan tambahan rumput laut untuk menambah cita rasanya.

Selain nikmat, penambahan rumput laut di dalamnya juga dipercaya baik untuk kesehatan. Manfaat ini didapatkan dari tambahan rumput laut yang dikenal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Pia Glenmore

Pia atau bakpia merupakan salah satu panganan yang terbuat dari kacang hijau dan gula yang dibungkus dengan tepung, lalu dioven hingga matang. Pia memang banyak ditemui di berbagai wilayah di Indonesia, namun Pia Glenmore menawarkan kelebihan tersendiri yang membuatnya patut untuk dijadikan oleh-oleh.

Salah satunya adalah rasanya yang lezat dan harganya yang murah. Ada berbagai macam cita rasa yang ditawarkan Pia Glenmore seperti kacang kacang, pisang keju, nanas, strawberry, dan lain sebagainya.

6 dari 6 halaman

Bungkuk dan Rengginang

Bungkuk

Oleh-oleh khas Banyuwangi lainnya yang memiliki cita rasa lezat adalah bungkuk. Namanya memang cukup aneh, namun jajanan khas Banyuwangi ini punya cita rasa yang sangat lezat.

Jajanan ini terbuat dari pisang dan tepung kanji yang diberi bumbu khas, menjadikan jajanan ini menjadi favorit. Apabila kamu tertarik membawa jajajnan ini sebagai oleh-oleh, kamu bisa menemukannya di pasar tradisional yang ada di Banyuwangi.

Rengginang

Makanan kering ini memang terdapat di berbagai wilayah di Indonesia. Namun, ketika berkunjung ke Banyuwangi enggak ada salahnya menjadikan rengginang yang terbuat dari beras ketan ini untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Di Banyuwangi, nama lain rengginang disebut dengan gerit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini