Sukses

Warga Surabaya Diminta Pakai Masker Kain untuk Cegah Corona COVID-19

Liputan6.com, Surabaya Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya mengimbau warga untuk membuat masker dari bahan kain dan menggunakannya supaya mencegah penularan Corona COVID-19. Imbauan ini dikeluarkan mengingat terjadi kelangkaan masker di pasaran.

“Warga Surabaya bisa bikin masker dari kain sendiri apalahi sekarang juga sudah banyak UMKM yang membuat masker ini,” ujar Febria Rachmanita, Kepala Dinkes Surabaya, seperti yang dikutip dari Antara, Rabu (1/4/2020).

Ia menuturkan masker kain juga bisa menangkal percikan dahak atau droplet sehingga tidak mudah menularkan Corona COVID-19 kepada orang lain. Masker kain yang bisa dibuat sendiri minimal terdiri dari dua lapis untuk mencegah penularan.

Baru-baru ini, Dinas Perdagangan juga memberikan 9.000 masker kain kepada Dinkes Surabaya. Ribuan masker itu akan didistribusikan ke seluruh puskesmas di Surabaya supaya bisa digunakan oleh pasien.

Corona COVID-19 bisa ada di mana-mana, jadi kami minta untuk warga Surabaya menggunakan masker saat ke luar rumah atau di manapun berada,” ucapnya.