Sukses

VIDEO: Kondisi Pasien Covid-19 di Banyuwangi dan Jombang Membaik

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur mengumumkan satu warganya yang dinyatakan positif Covid-19, Senin siang. Pasien tersebut sebelumnya berstatus pasien dalam pengawasan (PDP), dan sejak 22 Maret menjalani masa isolasi di RSUD Blambangan. Meski dinyatakan positif, tapi pihak Dinas Kesehatan Banyuwangi menyatakan kondisi pasien dalam keadaan sehat, dan berangsur stabil.

Satu warga Banyuwangi, Jawa Timur yang sebelumnya berstatus sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) dinyatakan positif terjangkit Covid-19, Senin siang. hingga kini pasien berjenis kelamin perempuan ini masih menjalani proses isolasi di rumah isolasi khusus RSUD Blambangan.

Sejak menjalani isolasi pada tanggal 22 Maret lalu, pihak Dinas Kesehatan Banyuwangi menyatakan jika kondisi kesehatan pasien tersebut berangsur membaik, dan sudah bisa diberi asupan makanan. Tim medis juga telah melepas ventilator pasien yang menunjukkan bahwa kondisi pasien semakin stabil.

Tim medis rencananya akan melakukan tes ulang, dan mengirim hasil swap ke pihak Kementerian Kesehatan untuk mengetahui kondisi pasien. Sebelumnya, pasien yang dinyatakan positif ini adalah warga Banyuwangi yang baru pulang dari Bali pada 4 Maret lalu. Sementara itu, langkah antisipasi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menyiapkan 300 bed isolasi yang disiagakan di rumah sakit dan ruang isolasi darurat. Berikut diberitakan pada Liputan6, 31 Maret 2020.

Sementara itu, hingga hari Senin, tercatat 196 warga Banyuwangi masuk dalam kategori orang dalam pemantauan. Dari ratusan orang yang masuk dalam kategori ODP itu, 80 ODP adalah warga Banyuwangi yang baru tiba di Banyuwangi sebelum libur Nyepi lalu.

Hasil kesehatan empat pasien PDP covid ini dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang usai dilakukan pemeriksaan swap test Kementerian Kesehatan. Sementara dua pasien PDP hingga kini yang masih menjalani perawatan di RSUD Jombang.

Sebelumnya pemerintah setempat mengumumkan enam pasien PDP Covid-19 yang ada di Kabupaten Jombang. Dari enam pasien tersebut sudah ada empat pasien yang dinyatakan sehat dan dipulangkan.

Empat orang yang dinyatakan negatif Covid-19 tersebut kondisi kesehatannya membaik hingga diperbolehkan pulang. Sementara dua pasien PDP lainnya masih menjalani perawatan di RSUD Jombang dan ditempatkan di Ruang Isolasi.

Hingga Senin siang, data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang terdapat 1.222 orang dengan risiko atau ODR, 38 orang dalam pemantauan atau ODP, dan enam orang PDP. Pemerintah menghimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga pola hidup bersih, rajin cuci tangan dan menerapkan physical distancing untuk menghindari penularan virus corona.