Sukses

Warga di Daerah Terjangkit COVID-19 Diimbau Terapkan 2 Hal Ini

Di Jawa Timur (Jatim), saat ini terdapat sekitar 20 daerah terjangkit atau berstatus zona merah, karena terdapat warganya yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Koordinator Rumpun Kuratif Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Jawa Timur, dr Joni Wahyuhadi mengimbau, masyarakat yang hidup di daerah terjangkit COVID-19 selalu menggunakan masker untuk mencegah meluasnya wabah tersebut.

"Kita harus tetap waspada, menggunakan masker di daerah terjangkit dan menjaga social atau physical distancing," ujar dr Joni kepada wartawan di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Rabu, 1 April 2020, seperti dikutip dari Antara.

Di Jawa Timur (Jatim), saat ini terdapat sekitar 20 daerah terjangkit atau berstatus zona merah, karena terdapat warganya yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Rinciannya, Kota Surabaya, Sidoarjo, Magetan, Kabupaten Malang, Kota Malang, Kota Batu, Situbondo, Lumajang, Gresik, Kabupaten Kediri dan Kota Kediri. Kemudian, Jember, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Tulungagung, Banyuwangi, Pamekasan, Jombang serta Kabupaten Madiun, Nganjuk.

Sementara itu, meningkatnya jumlah kasus ODP di Jatim itu merupakan kerja tracing yang berhasil mendeteksi orang yang punya riwayat kontak dengan pasien positif COVID-19. Tercatat pasien dalam pengawasan (PDP) mengalami kenaikan.

Semula 420 PDP sekarang menjadi 536 PDP. Sedangkan orang dalam pemantauan (ODP), dari 6.565 orang menjadi 7.328 orang.

"Saya melihat angka pasien-pasien yang datang ke rumah sakit sekarang ini yang berat-berat sudah berkurang. Di RSUD dr Soetomo misalnya, yang datang itu antara yang sedang atau ringan. Artinya mereka sudah punya imunitas,” kata dia.

Joni berharap ikhtiar spiritual yang selama ini terus didengungkan oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Data Pasien Sembuh Corona COVID-19 di Jawa Timur

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyatakan, ada tambahan lima pasien Corona COVID-19 yang sembuh. Jadi total pasien Corona COVID-19 yang sembuh mencapai 22 orang di Jawa Timur.

Khofifah menuturkan, lima pasien iu berasal dari Magetan, Jawa Timur. "Yang sudah dinyatakan negatif atau sudah sembuh menjadi 22 orang. Alhamdulillah dari delapan pasien Magetan yang dirawat di (RSUD dr Soedono) Madiun, lima orang sudah sembuh," kata Khofifah.

Selain itu, ada satu pasien di Jatim dinyatakan meninggal dunia. Pasien yang meninggal ini dari Surabaya. Total pasien meninggal akibat terinfeksi COVID-19 ada sembilan orang.

"Yang meninggal ada sembilan orang. Yang sembuh total 21 persen, meninggal 8,7 persen,"  ucap Khofifah.

Sementara itu untuk pasien dalam pengawasan (PDP) mengalami kenaikan. Semula 420 PDP sekarang menjadi 536 PDP. Sedangkan orang dalam pemantauan (ODP), dari 6.565 orang menjadi 7.328 orang

"Artinya tim tracing kita cukup detail untuk bisa identifikasi apakah ODP, apakah PDP," ujar Khofifah.

Sementara itu, jumlah pasien positif Corona COVID-19 bertambah 10 orang sehingga total jadi 103 orang di Jawa Timur pada Rabu, 1 April.

"Positif 10 orang, (total pasien positif) 103 orang," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.