Sukses

Pemkot Siapkan Intervensi bagi Warga Surabaya di Luar Negeri

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akan mengirimkan surat ke seluruh kedutaan RI di negara sahabat untuk melakukan intervensi sehingga memantau kondisi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya segera mengirimkan surat kepada seluruh kedutaan Republik Indonesia (RI) yang berada di negara-negara sahabat, baik di Asia, Eropa maupun Timur Tengah.

Surat yang dikirim tersebut, bertujuan meminta jumlah data penduduk Surabaya yang berada di luar negeri, agar pemkot bisa memberikan intervensi kepada mereka di tengah pandemi Covid-19.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, Eddy Christijanto mengatakan, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menginstruksikan agar mengirim surat kepada seluruh Kedutaan RI yang berada di Negara sahabat. Tujuannya, untuk meminta data jumlah penduduk Surabaya yang belajar dan bekerja di luar negeri.

“Kita minta data penduduk Surabaya yang belajar dan bekerja di sana. Kebijakan ibu (wali kota) akan melakukan intervensi kepada mereka. Istilahnya memantau kesehatan mereka di sana di tengah wabah pandemi Covid-19 ini,” kata Eddy di halaman Balai Kota Surabaya, Kamis (2/4/2020).

Eddy menyebut, meski Risma berharap tidak ada penduduk Surabaya di luar negeri yang sakit di tengah wabah pandemi ini, tapi setidaknya pemkot bisa mengetahui posisi dan kondisi mereka. Oleh karena itu, pihaknya memastikan segera mengirimkan surat tersebut.

“Kita buat surat, nanti mereka melaporkan datanya. Dan untuk intervensinya nanti kita tunggu dari data tersebut. Tapi, minimal kita tahu berapa warga kita yang ada di luar,” kata dia.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemkot Imbau Warga Surabaya di Luar Negeri Tak Pulang Dulu

Oleh karena itu, pihaknya kembali menyatakan, segera mengirimkan surat tersebut kepada seluruh Kedutaan RI yang berada di Negara-negara sahabat. Data tersebut bakal menjadi acuan pemkot dalam mengambil kebijakan intervensi kepada penduduk Surabaya yang ada di luar negeri.

"Saat ini surat sedang kami buat, nanti setelah diteken Ibu Wali Kota, surat langsung kami kirim via email,” terang Eddy.

Akan tetapi, Eddy juga mengimbau kepada seluruh warga Surabaya yang saat ini berada di luar negeri agar untuk sementara waktu tidak pulang ke tanah air, khususnya Surabaya. Upaya ini dilakukan sebagai langkah preventif social distancing untuk menekan penyebaran Covid-19.

"Selama pandemi (Covid-19) ini, kita juga minta mereka agar sementara tidak kembali ke tanah air, khususnya Surabaya, sampai pandemi ini selesai,” pungkasnya

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.