Sukses

VIDEO: Inisiatif Warga Perumahan di Sidoarjo Sediakan Bilik Disinfektan Uap

Liputan6.com, Jakarta - Guna mengurangi rasa cemas yang berlebihan di saat wabah Covid-19, warga perumahan di Sidoarjo, Jawa Timur membuat bilik disinfektan uap. Alat sterilisasi menggunakan disinfeksi uap ini, diklaim lebih efektif membunuh virus maupun bakteri, dibanding dengan bilik disinfeksi semprot.

Beragam cara antisipasi penyebaran Covid-19, terus dilakukan warga secara swadaya, tidak hanya dengan membuat hand sanitizer dan disinfektan, namun juga dengan membuat ruang disinfektan.

Salah satunya dilakukan warga Perumahan Puri Indah, RT 40, RW 10, Sidoarjo. Warga di sini mewajibkan para warganya, maupun tamu yang datang untuk memasuki chamber atau bilik disinfektan, sebelum masuk kawasan perumahan. Namun, berbeda dengan ruang disinfektan pada umumnya, warga di perumahan ini membuat bilik disinfektan uap.

Para warga memanfaatkan berbagai bahan yang ada di sekitar lingkungan, seperti, besi, siku, skrup, adaptor, dan mist maker. Dengan modal Rp 10 juta, dua bilik disinfektan uap siap digunakan. Berikut dilansir pada Fokus, 31 Maret 2020.

Dengan adanya chamber atau ruang disinfektan uap ini, warga merasa agak tenang, di saat angka penderita Covid-19 terus bertambah. Ruang disinfektan uap ini diklaim juga lebih efektif daripada bilik disinfektan semprot, sebab tidak menyebabkan basah.

Warga di Sidoarjo berharap wabah corona segera berlalu. Bagi mereka, pembuatan bilik disinfektan swadaya ini, diharapkan mampu memberi sumbangsih memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

 

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.