Sukses

VIDEO: Pondok Pesantren Lirboyo Kediri Pulangkan Ribuan Santrinya

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan ribu santri dari Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur, Selasa siang, dipulangkan ke daerah asalnya. Pemulangan dilakukan untuk mendukung program karantina wilayah untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sebab, Kota Kediri sudah ditetapkan sebagai zona merah pandemi Covid-19. Berikut kita simak videonya pada Liputan6, 1 Aprl 2020.

Sebanyak 29.000 santri Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri dari berbagai wilayah di Indonesia dipulangkan secara bertahap selama tiga hari. Hari pertama dan hari kedua sebanyak 20.000 santri dipulangkan ke berbagai daerah di Indonesia. Serta 9.000 santri pada hari ketiga dengan rute sekitar Kediri.

Pondok pesantren menyediakan 480 kendaraan bus, dan minibus untuk mengantar santri pulang ke kampung halamannya. Sebelum dipulangkan, para santri telah menjalani pemeriksaan kesehatan berupa pengukuran suhu badan oleh tim dokter, serta penyemprotan disinfektan.

Barang bawaan para pelajar juga disemprot cairan antiseptik. Pemulangan para santri ini merupakan upaya untuk mendukung program pemerintah dalam menjalankan karantina wilayah, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Karena Kota Kediri sendiri sudah ditetapkan menjadi zona merah penyebaran pandemi Covid-19, dan sudah 2 orang meninggal akibat virus ini.

Rencananya, para santri ini kembali belajar di Pondok Pesantren Lirboyo pada Juni 2020 mendatang. Tidak hanya memulangkan santri, aktivitas keagamaan dan sholat Jumat untuk sementara juga ditiadakan. Diharapkan dengan segala upaya itu, penyebaran virus Covid-19 dapat ditekan.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.