Sukses

VIDEO: Bantu Korban Dampak Corona COVID-19, Gaji PNS di Pemkab Lumajang Dipotong

Liputan6.com, Jakarta - Upaya menanggulangi dampak ekonomi akibat virus corona baru (COVID-19), Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, memotong gaji pegawai negeri sipil (PNS), hasil dari pemotongan ini, pemerintah berhasil mengumpulkan dana hingga Rp 1,3 miliar, selain dari gaji, pemerintah juga menggalang dana dari luar untuk selanjutnya akan digunakan untuk membantu warga terdampak virus corona.

Pemotongan gaji PNS di jajaran Pemerintah Kabupaten Lumajang, diungkapkan Bupati Lumajang Thoriqul Haq, saat memberikan pernyataan terkait penanggulangan dampak ekonomi akibat virus corona baru.

Hadir dalam acara itu, para pengusaha beras di Lumajang, lembaga amil zakat Lumajang, baik dari Baznas, Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah. Pemerintah Lumajang telah berkeputusan akan memotong seluruh gaji aparaturnya, mulai dari eselon paling rendah hingga paling atas.

Tak terkecuali Bupati dan Wakil Bupati Lumajang. Jumlah potongannya bervariatif, tergantung tinggi rendah jabatan. Jika diakumulasi, hasil potongan dari gaji PNS ini berjumlah Rp 1,3 miliar dalam satu bulan.

“Semua PNS dipotong sesuai dengan golongan dan kepangkatan,” kata Thoriqul Haq, Bupati Lumajang.

Bahkan Pemerintah Lumajang juga akan menggalang dana dari luar pemerintah. Seperti Badan Amil Zakat Nasional, Lembaga Zakat Infaq dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama, dan Lembaga Zakat Infaq Shodaqoh Muhammadiyah.

Rencananya bantuan ini akan dibelanjakan berupa beras, yang selanjutnya akan dibagikan pada warga tak mampu, terlebih para korban virus corona. Demikian diberitakan pada Fokus, 1 April 2020.