Sukses

PBNU Jatim Ajak Umat Muslim untuk Istighotsah Kubro Online pada 8 April 2020

Liputan6.com, Jakarta - Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur mengajak umat Muslim di Indonesia untuk Istighotsah Kubro Online bersama 19 Kiai sepuh pada Kamis,  8 April 2020.

Sekretaris PWNU Jatim Prof Ahmad Muzakki menuturkan, kegiatan Istighotsah Kubro ini dilakukan online dan disiarkan on air oleh TV lokal Jawa Timur seiring imbauan pemerintah untuk menerapkan physical distancing atau menjaga jarak fisik. Langkah ini sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona baru (Sars-CoV-2) yang menyebabkan COVID-19. Kegiatan ini digelar pada Rabu, 8 April 2020 pukul 19.30-21.00 WIB.

"Kegiatan ini untuk memperkuat imun booster dalam menghadapi COVID-19. Biasanya istighotsah dilakukan secara fisik bertemu langsung di tempat besar dihadiri umat, sekarang ada physical distancing jadi online dan disiarkan langsung oleh TV lokal,” ujar dia saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (5/4/2020).

Ia mengatakan, ada tiga titik tempat penyelenggaraan Istighotsah Kubro Online yaitu di kantor pusat PBNU Jatim, dan ada 11 kiai. Kemudian di Gedung Negara Grahadi ada Forkopimda dan dipimpin Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Lalu di Pesantren tertua Lirboyo Kediri dan dipimpin delapan kiai. Kegiatan Istighotsah Kubro Online bersama 19 kiai sepuh antara lain KH Miftachul Akhyar, KH Anwar Manshur, KH Zainuddin Djazuli, KH Nurul Huda Djazuli, KH Ubaidilah Faqih, KH Idris Hamid, dan KH Kafabihi Mahrus.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Lalu ada KH Abdul Adhim Kholili, KH Fuad Mun’im Djazuli, KH Hasan Mulawakili Alalah, KH Kholil As’ad Syamsul Arifin, KH Nawawi Abd Jalil, KH Agoes Ali Masyuhri, KH Masbukhin Faqih, KH Marzuki Mustamar, KH Zubair Muntashor, KH Anwar Iskandar, KH Zuhri Zaini, dan KH Matin Djawahir.

"Istighotsah Kubro online ini disiarkan secara on air oleh tv lokal di Jatim ada TV9 hingga Batu TV. Dan streaming oleh akun yang ada di Pemprov Jatim dan youtube PBNU. Diimbau masyarakat di rumah masing-masing istghotsah dan dipimpin kiai. Di televisi juga ada teksnya nanti,” kata dia

Ia mengharapkan dengan istghotsah ini memberikan ketenangan, kesabaran, tawakal dan tidak stres. Selain itu, orang dalam pemantauan (ODP) juga makin menurun dan memperkuat daya tahan tubuh. "Ini sebagai pelengkap protokol kesehatan, SOP COVID-19,” ujar dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini