Sukses

VIDEO: Mendulang Untung dari Hobi Memelihara Musang di Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Berawal dari kegemarannya memelihara hewan musang, anggota Komunitas Musang Lover di Surabaya. Berhasil mengembangbiakkan hewan nokturnal, yang tenar karena bisa menghasilkan kopi luwak bercita rasa tinggi.

Beragam jenis musang berhasil dikembangbiakkan, mulai dari musang jawa jenis pandan, musang akar jawa, dan musang bulan yang harganya mencapai belasan juta rupiah. Berikut kita simak videonya pada Liputan6.

Memanfaatkan halaman rumahnya, di kawasan Semolowaru Surabaya. Beberapa pemuda yang tergabung dalam pecinta musang berhasil mengembangbiakkan hewan nokturnal, yang kini tengah naik daun karena dikenal menghasilkan cita rasa kopi luwak yang nikmat.

Berawal dari kesamaan hobi memelihara musang atau luwak, para pemuda yang digawangi oleh Henrico. Dalam satu bulan bisa menghasilkan uang puluhan juta rupiah dari penjualan anakan musang yang ditangkarkan secara liar seperti sifat aslinya.

Anakan musang yang baru lahir, tidak dipisahkan dengan indukannya hingga anakan musang bisa makan sendiri. Dalam 1 tahun luwak bisa dikawin hingga 2 kali, dan jumlah anakan dalam satu kelahiran antara 2 sampai 4 ekor. Sekitar 40 hewan luwak beragam jenis, berhasil ditangkarkan di sini.

Mulai dari musang pandan, musang akar jawa, dan musang bulan asal Pulau Bali. Anakan musang hasil dari penangkaran di sini juga dipasangi micro chip sebagai identitas, dan diberikan sertifikat sebagai legalitas.

Para pecinta hewan luwak yang akan mengadopsi anakan luwak langsung datang ke tempat penangkaran. Hewan musang ini, banyak dipelihara oleh masyarakat, karena selain perawatannya yang mudah, juga bisa dilombakan.

Bagaimana..? Anda tertarik untuk mengadopsi musang. Di penangkaran ini, musang jenis pandan jawa umur tiga bulan bisa diadopsi dengan biaya Rp 350 ribu. Sedangkan yang termahal yakni jenis musang akar jawa, dan musang bulan yang mencapai hingga Rp 2,5 juta.