Sukses

8 Wisata Pantai di Banyuwangi Paling Terkenal yang Indah Memesona

Wisata pantai di Banyuwangi menyuguhkan keindahan alam yang mengagumkan

Liputan6.com, Jakarta Wisata pantai di Banyuwangi menyuguhkan keindahan alam yang mengagumkan. Kabupaten yang terletak di ujung timur Pulau Jawa ini memang terkenal dengan berbagai destinasi wisata pantai eksotis yang sayang untuk dilewatkan.

Tidak hanya pantai, Banyuwangi memang menjelma menjadi salah satu destinasi yang sangat digemari akhir-akhir ini. Mulai dari wisata alam, pegunungan, air terjun, dan tentu pantainya selalu dapat menggoda wisatawan untuk berkunjung kembali. 

Wisata pantai di Banyuwangi tidak kalah indah dengan Bali. Bahkan beberapa wisata pantai Banyuwangi seperti Pantai Plengkung serta Pantai Pulau Merah sudah terkenal hingga ke kancah internasional. Wisata alam Banyuwangi memang merupakan salah satu yang terunik di Indonesia.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (6/4/2020) tentang wisata pantai di Banyuwangi

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pantai Plengkung (G-Land) dan Pantai Pulau Merah

Pantai Plengkung (G-Land)

Pantai Plengkung, adalah pantai yang terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur serta berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Ombak di wisata alam Banyuwangi ini mendapat julukan khusus dari para peselancar dunia, yaitu ‘The Seven Giant Waves Wonder’ yang berarti memiliki 7 gulungan ombak.

Pantai Plengkung merupakan surga bagi pecinta olahraga surfing, bahkan bagi penggila surfing belum lengkap rasanya jika belum pernah datang ke sini. Angin lepas pantai yang berhembus antara bulan April dan bulan September ini membuat terjadinya ombak paling besar dengan ketinggian hingga mencapai 8 meter dengan panjang 2 km. Inilah yang membuat ombak pantai Plengkung menjadi ombak terganas nomor 2 setelah Hawaii.

Wisata pantai di Banyuwangi satu ini memiliki kawasan yang masih alami. Air di pantai ini memiliki kombinasi tiga warna, yaitu warna putih, biru, dan hijau. Tentu saja ini merupakan pemandangan yang eksotis dan nilai plus bagi Pantai Plengkung dibanding tempat surfing lainnya.

Pantai Pulau Merah

Wisata pantai di Banyuwangi ini bernama Pulau Merah karena warna tanah dan pasirnya yang kemerahan dari pulau setinggi 200 meter yang berada di tengah pantai. Pulau kecil yang berada di pantai Desa Sumberagung, Kabupaten Banyuwangi ini berhasil memikat wisatawan melalui bentuknya yang menyerupai pegunungan yang berada di tengah pantai.

Selain itu, perpaduan kejernihan airnya yang seperti kristal dengan pasir putihnya yang menghampar sejauh 3 km, tentu menjadi nilai plus bagi tempat wisata di Banyuwangi ini. Ketika air laut surut, kamu bisa berjalan kaki menikmati pulau kecil yang berada di tengah pantai ini.

3 dari 5 halaman

Pantai Teluk Hijau dan Pantai Wedi Ireng

Pantai Teluk Hijau

Teluk Hijau sebagai wisata pantai di Banyuwangi sangat menawan karena memiliki air yang sangat jernih. Disebut Teluk Hijau kerena airnya berwarna biru kehijau-hijauan yang disebabkan oleh alga yang tumbuh dan hidup secara bergerombolan di dasar Pantai Teluk Hijau.

Keindahannya tak hanya terletak dari kejernihan airnya saja, di sana kamu dapat menemukan batu karang raksasa yang berada di pinggir pantai. Letak Teluk Hijau ini berada di Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi.

Pantai Wedi Ireng

Keberadaannya yang masih alami, pemandangan yang indah serta keunikan pasirnya menjadi alasan Pantai Wedi Ireng menjadi salah satu wisata pantai di Banyuwangi yang cukup terkenal.

Di Pantai Wedi Ireng terdapat 2 macam pasir, yaitu pasir halus berwarna putih dan pasir hitam yang agak kasar. Objek wisata Banyuwangi ini menawarkan panorama pasir yang terbentang dengan keindahan air laut yang biru dan jernih dan dikelilingi hamparan bukit hijau yang alami.

Untuk mencapai Pantai Wedi Ireng, pengunjung akan melalui jalur yang sama jika akan ke pantai Pulau Merah. Wisata pantai di Banyuwangi ini terletak di wilayah Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran.

4 dari 5 halaman

Pulau Tabuhan dan Pantai Sukamade

Pulau Tabuhan

Wisata pantai di Banyuwangi selanjutnya adalah Pulau Tabuhan. Pulau satu ini letaknya persis di Selat Bali yang memisahkan Pulau Jawa dan Pulau Bali, tepatnya berada di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo.

Selain airnya yang jernih dan bersih, ribuan spesies ikan, bunga karang, terumbung karang, udang karang dan tumbuhan laut juga menghuni bawah lautnya. Aneka ragam kekayaan hayati bawah laut yang alami dan memesona, cocok untuk kegiatan diving dan snorkeling.

Pulau dengan luas 5 hektar ini tak hanya menyimpan kekayaan satwa di dalam air saja, di darat pun banyak satwa yang hidup, seperti burung Maleo yang singgah ketika bermigrasi. Bagi wisatawan yang tidak ingin bermain air, juga bisa berkeliling Pulau Tabuhan atau sekadar menikmati matahari dengan berjemur di bawah terik sinar.

Pulau Tabuhan juga sering dijadikan lokasi untuk kite surfing karena kecepatan anginnya yang konstan antara 20 - 25 knot. Bahkan objek wisata Banyuwangi ini juga beberapa kali pernah menjadi tuan rumah dalam berbagai acara kite surfing. Selain itu, Pulau Tabuhan juga cocok untuk mereka yang ingin menikmati sunset maupun sunrise.

Pantai Sukamade

Pantai sukamade berada di Taman Nasional Meru Beriti dan menjadi salah satu triangle Diamond, setelah kawah Ijen dan G-Land. Pantai ini dikenal sebagai surganya Penyu. Di sini wisatawan bisa menyaksikan secara langsung penyu bertelur, melihat penangkaran penyu dan mengikuti kegiatan pelepasan tukik (anak penyu) ke laut.

Di pantai ini pengunjung bisa melihat 4 jenis penyu dari 6 jenis penyu yang ada di Indonesia. Di antaranya adalah penyu belimbing, penyu sisik, penyu hijau dan penyu slengkrah. Penyu hijau merupakan penyu yang sering mendarat di sini. Selain penyu, di sini juga terdapat hewan hewan lain seperti harimau jawa, kijang, merak, macan tutul dan monyet. Sedangkan floranya ada Rafflesia zollingeriona dan Balanphora fungosa.

Selain melihat penyu, wisatawan juga bisa menikmati wisata lain yang ada di Sukamade yaitu hutan mangrove. Di hutan mangrove terdapat sungai yang bisa dipakai untuk mengamati berbagai jenis burung. Seperti elang laut, dara laut, burung roko-roko dan masih banyak burung lainnya.

5 dari 5 halaman

Pantai Bedul dan Pantai Ngagelan

Pantai Bedul

Pantai Bedul adalah salah satu wisata pantai di Banyuwangi yang berlokasi di Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi. Pantai Bedul terletak di tengah-tengah Pantai Grajangan dan G-Land. Di beri nama Bedul karena di perairan pantai ini banyak ikan Bedul yang merupakan sejenis ikan Gabus.

Di objek wisata Banyuwangi satu ini wisatawan bisa menemukan hutan mangrove yang rindang dan asri, itulah mengapa objek wisata ini juga disebut Wisata Mangrove Bedul. Sejauh mata memandang, wisatawan akan melihat rimbunnya tanaman mangrove yang menaungi blok Bedul. Pemandangan panorama alam yang menakjubkan dengan view perairan di kelilingi tumbuhan Mangrove membuat suasana alam serasa di Amazon.

Pantai Ngagelan

Pantai Ngagelan merupakan salah satu spot wisata di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi yang tidak boleh dilewatkan. Di pantai ini, kamu bisa menyaksikan para penyu bertelur pada malam hari. Ada sekitar empat jenis penyu yang sering menepi di pantai ini untuk bertelur yakni penyu lekang, penyu sisik, penyu belimbing dan penyu hijau.

Selain bisa menyaksikan penyu-penyu bertelur, kamu juga bisa menyaksikan proses pelepasan anak penyu/tukik di Pantai Ngagelan ini. Waktu paling tepat untuk menyaksikan penyu bertelur di Pantai Ngagelan adalah antara bulan Mei – September.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.