Sukses

VIDEO: Intip Polisi di Banyuwangi Bikin Masker Sederhana

Liputan6.com, Jakarta - Langkanya masker di tengah merebaknya virus corona baru (Sars-Cov-2) membuat polisi di Banyuwangi, Jawa Timur melakukan langkah kreatif untuk membuat masker sendiri.

Dengan hanya menggunakan tisu, dan karet gelang, masker sederhana ini diharapkan mampu menjadi pengganti masker medis yang saat ini diprioritaskan bagi tenaga medis yang menangani pasien virus corona. Berikut video inspiratifnya pada Fokus, 7 April 2020.

Di tengah merebaknya virus corona baru (Sars-CoV-2) yang menyebabkan COVID-19 seperti saat ini, masker menjadi barang yang sangat dibutuhkan masyarakat sebagai alat pelindung diri. Namun keberadaan masker sangat langka.

Masker medis saat ini hanya diprioritaskan bagi tim medis yang menangani pasien corona. Kelangkaan ini, membuat seorang anggota polisi, AKP Mas Arjaka, yang bertugas sebagai Wakasat Polair Polresta Banyuwangi melakukan langkah kreatif dengan membuat masker sederhana yang bisa dibuat secara mandiri oleh masyarakat.

Melalui video tutorial yang diunggah ke media sosial, ia mencontohkan membuat masker secara mandiri di rumah. Bahan-bahannya pun mudah didapat, seperti tisu wajah, tisu dapur, tisu basah, isolasi dobel tip, stapler, dan karet gelang.

Untuk tisu dapur yang teksturnya lebih kaku, pengait bisa menggunakan karet gelang dan distaples di tepi tisu. Sedangkan tisu basah, cukup menggunting tepi tisu hingga berlubang agar bisa dikaitkan di telinga.

Meski masker tisu ini belum teruji secara medis, tapi setidaknya bisa bermanfaat di tengah pandemi COVID-19. Masyarakat tetap menutup bagian mulut dan hidung dengan masker saat keluar rumah, agar tidak terjangkit maupun menularkan COVID-19.