Sukses

8 Cara Memilih Informasi yang Pas di Tengah Pandemi Corona Covid-19

Pegiat literasi media, Widiya Yutanti, memaparkan delapan cara memilih informasi yang pas di tengah pandemi Corona Covid-19.

Liputan6.com, Surabaya Pegiat literasi media, Widiya Yutanti, memaparkan delapan cara memilih informasi yang pas di tengah pandemi Corona Covid-19. Tujuannya, supaya optimisme, harapan, dan keyakinan bersama terbangun.

“Pertama, bisa dilakukan dengan selalu mengecek sumber informasi terkait fakta peristiwa yang disampaikan media,” ujarnya dalam dialog interaktif bertajuk Menjaga Kesehatan Batin dan Akal di tengah Pandemi Covid-19 di Malang, Selasa (7/4/2020).

Kedua, jangan mudah percaya hoaks apalagi sampai ikut memproduksi dan menyebarkan hoaks. Ketiga, selalu berpikir positif dan optimis, karena dapat membantu menjaga imunitas tubuh.

Keempat, tetap jaga hubungan baik dengan keluarga dan teman. Kelima, jalankan pola hidup sehat seperti jaga kebersihan diri dan lingkungan, makan makanan yang sehat, olah raga, dan lakukan hobi yang positif.

Keenam, menikuti anjuran pemerintah atau protokol pemerintah untuk tetap physical distancing atau jaga jarak. Ketujuh, saling menghargai, empati, jangan ada curiga dan stigmatisasi negatif. Terakhir, banyak beribadah dan berdoa.

Menurut Widiya, media juga memiliki peran strategis dalam menyampaikan fakta. Oleh karena itu,media harus tetap kritis dengan mengedepankan prinsip jurnalistik positivisme di tengah kondisi pandemi Corona Covid-19.

“Demikian pula pemerintah juga harus dapat membangun komunikasi publik yang baik sehingga muncul kepercayaan masyarakat dan tindakan irasional, apatis, serta kriminal bisa dicegah,” ucapnya.

Ia menuturkan dalam menangani persoalan masyarakat akibat pandemi Corona Covid-19, semua elemen masyarakat harus bekerja sama sesuai dengan perannya masing-masing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.