Sukses

Unair Terima 1.492 Siswa lewat Jalur SNMPTN 2020

Total siswa yang mendaftar sejumlah 20.222 dan yang diterima di Universitas Airlangga sebanyak 1.492 peserta lewat SNMPTN 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menerima sebanyak 1.492 siswa lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dari total yang mendaftar sebanyak 20.225 siswa. Sedangkan daya tamping sebanyak 1.446 mahasiswa pada 2020.

"Total siswa yang melakukan pendaftaran sejumlah 20.225 dan yang diterima dan lolos seleksi sejumlah 1.492 peserta,” tutur Rektor Unair Prof Mohammad Nasih, seperti dikutip dari Antara,Rabu (8/4/2020).

Nasih menuturkan, dari jumlah itu 304 di antaranya adalah pendaftar dari pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, yang artinya tingkat keketatan di Unair hanya 7,38 untuk semua program studi (prodi).

Sementara itu, dari 1.492 peserta yang lolos seleksi, sebanyak 1.224 adalah perempuan. Itu artinya, 82 persen peserta yang diterima di Unair adalah perempuan.

"Ada dua prodi di mana 100 persen yang diterima adalah perempuan, yaitu prodi Kebidanan dan Sistem Informasi," kata dia.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses Daftar Ulang dan Verifikasi Dilakukan Secara Daring

Lebih lanjut, Majelis Rektor Unair menyepakati, proses daftar ulang dan verifikasi dilakukan secara daring. Sehingga, bagi peserta yang dinyatakan diterima, diharapkan untuk melihat informasi di laman Unair seperti kapan pelaksanaan daftar ulang dan verifikasi.

"Mohon agar peserta yang sudah dinyatakan lolos, bisa mempersiapkan syarat-syarat pendaftaran ulang. Segera isi biodata pada 9-15 April 2020. Proses lainnya akan diumumkan kemudian," ujarnya.

Nasih menambahkan, peserta yang dinyatakan lolos dan mengalami kesulitan fisik maupun finansial, mohon segera berkomunikasi dengan Unair. Hal itu agar kendala finansial sebagai alasan untuk tidak melakukan pendaftaran ulang.

Komunikasi dengan Unair, Nasih menuturkan menjadi sangat penting, sebab daftar ulang bisa dilakukan meskipun belum melakukan pembayaran. Sementara untuk pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), Unair menggunakan jadwal tentatif.

"Mudah-mudahan kondisi ke depan memungkiri untuk pelaksanaan UTBK. Jika terpaksa tidak bisa dilaksanakan UTBK karena wabah COVID-19 belum usai, maka kami akan menyesuaikan dengan melakukan penjadwakan ulang," tutur dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.